Peristiwa Nasional Bencana Nasional Covid-19

Kasus Positif Covid-19 di Malut Mencapai 174 Orang, Nihil di Pulau Taliabu

Rabu, 03 Juni 2020 - 10:11 | 45.04k
Jubir Covid-19 Maluku Utara dr. Alwia Assagaf. (Foto: Wahyudi Yahya/TIMES Indonesia)
Jubir Covid-19 Maluku Utara dr. Alwia Assagaf. (Foto: Wahyudi Yahya/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, TERNATE – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Maluku Utara (Malut) mengumumkan perkembangan kasus Covid-19 pada 2 Juni 2020.

Juru bicara Covid-19 Malut dr. Alwia Assagaf mengungkapkan ada peningkatan kasus terkonfirmasi positif sebanyak 14 kasus. Itu berdasarkan hasil pemeriksaan di BTKL-PP Manado dan Tes Cepat Molekuler (TCM) RSUD Chasan Bosoeirie Ternate.

Dari 14 kasus baru itu, 5 orang berasal dari Kota Ternate, 2 orang dari Kota Tidore Kepulauan, 6 orang dari Morotai, 1 dari Kepulauan Sula.

"Maka jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Maluku Utara sampai hari ini menjadi 174 orang, selanjutnya kasus baru ini kami sebut sebagai kasus 161 sampai dengan kasus 174," ucapnya dalam keterangan pers.

Dari data yang sama, sejak kasus terkonfirmasi positif Covid-19 perdana di Malut pada 23 Maret hingga 2 Juni 2020, Kabupaten Pulau Taliabu masih nihil kasus tersebut. Tercatat, hingga saat ini, daerah itu hanya memiliki 1 Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Sedangakan, daerah dengan kasus Covid-19 terbanyak adalah kota Ternate dengan kasus Orang Tanpa Gejala (OTG) 242 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) 23 orang, Pasien Dalam pengawasan (PDP) 14 orang, positif 111, sembuh 17 orang, dan meninggal 9 orang.

Disusul Kota Tidore Kepulauan dengan kasus Orang Tanpa Gejala (OTG) 192 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) 9 orang, Pasien Dalam pengawasan (PDP) 1 orang, positif 21, sembuh 8 orang, dan meninggal 9 orang.

Sementara daerah yang sudah memiliki kasus terkonfirmasi positif Covid-19 namun masih kategori daerah hijau adalah kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) dengan kasus positif 2 orang dan Halmahera Timur (Haltim) dengan kasus positif 1 orang.

Dari data tersebut juga, secara umum di Maluku Utara kasus Orang Tanpa Gejala (OTG) 820 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) 63 orang, Pasien Dalam pengawasan (PDP) 26 orang, positif 174, sembuh 29 orang, dan meninggal 15 orang.

dr Alwia Assagaf senantiasa menghimbau masyarakat agar tetap mematuhi protokol pencegahan virus corona, dengan tetap menjaga jarak, sering mencuci tangan dengan air dan sabun, keluar rumah hanya untuk keperluan penting, tetap pakai masker.

"Kemudian, tingkatkan imunitas tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi serta berolahraga ringan di rumah," Juru bicara Covid-19 Malut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES