Peristiwa Nasional

Juni Bulannya Presiden, Empat Presiden RI Berikut Lahir di Bulan Ini

Rabu, 03 Juni 2020 - 08:40 | 466.09k
Empat Presiden RI lahir di bulan Juni
Empat Presiden RI lahir di bulan Juni

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bulan Juni sangatlah istimewa bagi bangsa Indonesia. Bagaimana tidak, selain bertepatan dengan bulan lahirnya Pancasila yang jatuh pada 1 Juni kemarin, dari 7 Presiden RI, 4 diantaranya juga lahir di bulan ke-6 Masehi ini.

Bisa dikatakan, Juni menjadi bulannya tokoh-tokoh penting. Sebab banyak tokoh penting Indonesia yang dilahirkan pada bulan Juni. Seperti Presiden Pertama RI, Soekarno yang lahir dengan nama Koesno Sosrodihardjo pada tanggal 6 Juni 1901di Surabaya, Jawa Timur.

Selain Bapak Proklamasi tersebut, Presiden Kedua RI, Jenderal Besar TNI (Purn) HM Soeharto, juga lahir pada tanggal 8 Juni 1921 di Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Bantul, Yogyakarta.

Berikutnya adalah Presiden RI ketiga, BJ Habibie yang lahir pada 25 Juni 1936 di Parepare, Sulawesi Selatan. Menjabat begitu singkat, hanya satu tahun dan lima bulan, beliau mengundurkan diri dari jabatan presiden pada 21 Mei 1998.

Terakhir, ada Presiden RI Jokowi (Joko Widodo), presiden ketujuh RI yang lahir pada 21 Juni 1961 di Surakarta, Jawa Tengah. Ia menjabat sebagai Presiden resmi pertama kali pada 20 Oktober 2014. Ia menang dua periode Pemilu (Pemilihan Umum) dan berhasil menggaet hati masyarakat Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Adhitya Hendra
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES