Peristiwa Nasional

Canangkan Kampung Tangguh Semeru, Bupati Madiun: Jadi Kekuatan Hadapi Covid-19

Selasa, 02 Juni 2020 - 23:33 | 35.53k
Bupati Madiun H. Ahmad Dawami dan jajaran Forkompida mencanangkan Kampung Tangguh Semeru. (Foto: Humas Pemkab Madiun for TIMESIndonesia)
Bupati Madiun H. Ahmad Dawami dan jajaran Forkompida mencanangkan Kampung Tangguh Semeru. (Foto: Humas Pemkab Madiun for TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUNKampung Tangguh Semeru diharapkan menjadi kekuatan baru memutus mata rantai penularan Covid-19 di Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Hal itu ditegaskan Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami saat mencanangkan Kampung Tangguh Semeru di Desa Joho, Kecamatan Dagangan.

"Kampung tangguh menjadi kekuatan untuk menyelamatkan  masyarakat Kabupaten Madiun. Menghadapi  Covid-19, kita  harus tangguh kesehatan dan tangguh pangan," tegas Bupati.

Menurut Bupati, ada dua target dalam penanganan  Covid-19. Yakni, kesehatan masyarakat dan ekonomi. Sekalipun perekonomian terpukul karena pandemi jangan sampai terpuruk terlalu dalam. 

"Kalau Corona melawan kelaparan, maka kelaparan yang akan menang. Pengaman sosial sudah dilakukan. Dari sisi kesehatan, upaya preventif menjadi tupoksi kita. Sedangkan kuratif dan rehabilitatif menjadi tugas dinas kesehatan," jelasnya.

Bupati bersama Forkopimda meninjau fasilitas pendukung di Kampung Tangguh Semeru. Yakni lumbung pangan, lumbung informasi, lumbung kesehatan, ruang isolasi, dapur umum dan fasilitas cuci tangan.

Protokol kesehatan juga diterapkan di Kampung Tangguh Semeru.  Warga yang keluar masuk desa diwajibkan pakai masker, lapor diri saat datang atau berangkat  bepergian, cuci tangan sebelum masuk rumah, dan jaga jarak saat  berkomunikasi dan beraktivitas.

“Saya berharap program ini bukan nama saja tapi juga dilaksanakan secara nyata. Yang terpenting adalah kedisiplinan warga mematuhi protokol kesehatan," kata Kapolres Madiun AKBP Eddwi Kurniyanto.

Kampung Tangguh Semeru di Desa Joho juga diharapkan menjadi contoh dan ditiru oleh desa yang lain. Program yang dicanangkan Pemprov Jawa Timur tersebut merupakan upaya menekan penyebaran Covid-19.

"Sehingga daerah berzona merah bisa menjadi hijau dan masyarakatnya terbebas dari virus berhaya ini," tambah Dandim 0803/Madiun Letkol CZI Nur Alam Sucipto.

Pencanangan Kampung Tangguh Semeru di Kabupaten Madiun ditandai pengguntingan pita oleh Bupati Madiun di posko kendali di Desa Joho. Selain unsur Forkopimda acara juga dihadiri kepala OPD, Kepala Desa Joho  Khoirul Mustofa beserta perangkat desa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Madiun

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES