Peristiwa Nasional Bencana Nasional Covid-19

Laboratorium Biomolekular PCR RSP Jember Klinik Sudah Tes Swab 150 Nakes

Selasa, 02 Juni 2020 - 22:56 | 398.66k
Bupati Jember bersama pimpinan PT NMU dan RSP Jember Klinik memotong pita peresmian ruang Laboratorium Biomolekular PCR, Selasa (2/6/2020). (Foto: Humas Pemkab Jember for TIMES Indonesia)
Bupati Jember bersama pimpinan PT NMU dan RSP Jember Klinik memotong pita peresmian ruang Laboratorium Biomolekular PCR, Selasa (2/6/2020). (Foto: Humas Pemkab Jember for TIMES Indonesia)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, JEMBER – Rumah Sakit Perkebunan (RSP) Jember Klinik, Kabupaten Jember, Jawa Timur meresmikan ruang Laboratorium Biomolekular PCR, Selasa (2/6/2020).

Peresmian tersebut dilakukan oleh Bupati Jember dr Faida yang juga sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jember.

“Alhamdulillah dari BUMN ada inisiatif untuk membuat Laboratorium PCR di Jember. Tentu ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Jember dan sekitarnya,” kata Faida.

Peresmian-Lab-PCR-Jember-a.jpg

Faida menyambut positif keberadaan ruang laboratorium untuk percepatan penanganan Covid-19 tersebut.

“Seluruh kegiatan harus menjadi satu kesatuan dari gugus Covid-19, karena untuk selamat dari Covid-19 harus selamat bersama-sama,” ujarnya.

Dia berharap alat Polymerase Chain Reaction (PCR) ini bisa diprioritaskan untuk kemanusiaan, yaitu membantu penyelesaian antrian pemeriksaan swab.

Dan Faida juga berharap RSP Jember Klinik dapat berbagi tugas dengan RSD dr Soebandi yang terlebih dulu memiliki alat yang sama.

Dia menerangkan, apabila berjalan baik, satu shift pemeriksaan bisa menyelesaikan 40 swab.

"Alat ini mempercepat pemeriksaan. Diagnosanya juga jadi lebih cepat. Penanganannya juga lebih cepat. Jika positif tetap dirawat, jika negatif segera bisa isolasi mandiri di rumah,” tuturnya.

Di Jember, lanjutnya, ada 8 klaster yang dideteksi.

Kebanyakan klaster dari Surabaya yaitu klaster Sukolilo.

Ada juga klaster Jombang perbatasan Lumajang, kalster Jakarta, Goa, dan beberapa kalster dalam kota.

Menurutnya, mayoritas pasien yang positif baru hasil pelacakan dari pasien positif sebelumnya.

Direktur Operasional PTPN X Aris Toharisman menjelaskan, alat PCR ini bantuan dari Kementerian BUMN dengan pertimbangan khusus ditempatkan di Jember.

“Agar lebih banyak bermanfaat di bawah kendali Bupati Jember selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19 yang juga seorang dokter,” katanya.

Aris menjelaskan, PTPN X ikut mendukung operasional alat PCR dalam rangka penanganan Covid-19 di wilayah Jember dan sekitarnya.

“Semoga alat ini dapat membantu pemerintah dan masyarakat agar pemeriksaan dapat berjalan cepat dan akurat dalam penanggulangan Covid-19,” harapnya. 

Sementara itu, Direktur Utama PT Nusantara Medika Utama (NMU) dr Ary Silfiaty M. Kes. menambahkan bahwa hingga saat ini Laboratorium Biomolekular PCR yang dimiliki RSP Jember Klinik telah melakukan tes swab kepada 150 tenaga kesehatan (nakes) yang ada di RSP.

"Kami baru melakukan uji coba sejak 26 - 28 April. Dari RSP Jember Klinik ada 150 orang. Nantinya semuanya akan di-swab di sini," terang Ary saat diwawancarai usai menggelar konferensi pers tentang peresmian ruang laboratorium itu.

Dia menerangkan, hal tersebut dilakukan agar memastikan kondisi tenaga kesehatan bebas dari Covid-19.

"Agar kami yakin kondisi nakes kami sehat untuk keselamatan semua," tuturnya.

Tidak hanya melakukan tes swab kepada tenaga kesehatan yang bekerja di RSP Jember Klinik, Ary menerangkan bahwa pihaknya menargetkan seluruh tenaga kesehatan yang ada rumah sakit di Jember dapat menjalani tes swab di sana.

Juga tenaga kesehatan yang ada di RSP di wilayah Jawa Timur, yakni RS Gatoel Mojokerto, RS HVA Toeloengredjo Kediri, dan RS Medika Utama Blitar.

"Belum lagi klinik kami yang tersebar. Ada total 23 klinik milik PT MNU di Jatim," ujarnya.

Ary mengungkapkan bahwa ruang Laboratorium Biomolekular PCR di RSP Jember Klinik dioerasikan oleh tiga orang analis lab dalam satu shift.

"Kalau kami ingin tambah shift, kami juga akan tambah tenaga lagi," ungkap dia.

Rumah Sakit Perkebunan (RSP) Jember Klinik, Kabupaten Jember, Jawa Timur meresmikan ruang Laboratorium Biomolekular PCR, Selasa (2/6/2020). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jember

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES