Peristiwa Nasional

Pasien Positif Covid-19 di Pulau Morotai Meningkat Drastis

Selasa, 02 Juni 2020 - 22:26 | 88.23k
Juru bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kabupaten Pulau Morotai, dr Tony Sambas. (FOTO: Husain/TIMES Indonesia)
Juru bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kabupaten Pulau Morotai, dr Tony Sambas. (FOTO: Husain/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PULAU MOROTAI – Satgas Covid-19)Kabupaten Pulau Morotai Maluku Utara (Malut) mencatat jumlah pasien positif Covid-19 meningkat drastis. Sebelumnya 8 orang kini bertambah menjadi 14 orang positif.

Hal tersebut disampaikan Juru bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kabupaten Pulau Morotai, dr Tony Sambas, kepada TIMES Indonesia melalu telepon seluler, Selasa (2/6/2020) malam .

Menurutnya, berdasarkan hasil swab dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) yang dilakukan RSUD Chasan Boesoeri Ternate maka Pulau Morotai hari ini kasus Positif Covid-19 bertambah 6 orang, sehingga total 14 orang.

Dari 6 orang positif terpapar covid-19 itu bukan transmisi lokal tetapi, pelaku perjalanan dari Tobelo Halmahera Utara 3 orang dan Kota Ternate 3 orang yang dikarantina. Mereka terdiri dari 5 orang laki laki dan 1 orang perempuan.

Juru-bicara-Jubir-Satgas-Covid-19-Kabupaten-Pulau-Morotai.jpg

"Sebanyak 6 orang pelaku perjalanan itu, 5 orang Morotai dan 1 orang Ternate. 3 orang beralamat Morotai Selatan, 1 orang Morotai Timur, 1 orang Morotai Utara dan 1 orang dari Morotai Barat," terangnya tanpa menyebutkan inisial maupun nama desa masing masing pasien.

Mereka seluruhnya tidak di rujuk ke RSUD Chasan Boesoeri Ternate. Alasannya, karena ke 6 orang dengan status positif Covid-19 itu dalam keadaan sehat, sehingga perawatan dilakukan di Morotai di tempat karantina.

"6 orang yang ditetapkan positif Covid-19 hari ini, tidak dirujuk ke Ternate karena mereka dalam keadaan sehat, jadi dirawat di Morotai," ujarnya.

dr Tony kembali menegaskan, untuk wabah pandemi Covid-19 Pulau Morotai hari ini, ketambahan 6 pasien terkonfirmasi positif dan sudah 14 pasien yang positif Covid-19.

"Harapan kami, masyarakat lebih meningkatkan lagi kewaspadaannya, tapi tidak usah panik, karna di Morotai berlaku sistem karantina sehat sehingga semua yang positif ini terscreening di tempat karantina dan belum berbaur dengan masyarakat," ucapnya.

"Tapi sebaiknya masyarakat harus lebih mawas diri dengan meningkatkan kebersihan lingkungan, rajin cuci tangan pake sabun di air mengalir, selalu pake masker saat keluar rumah, menjaga jarak dengan hindari kontak fisik langsung, makan yang bergizi, minum air putih yang banyak, minum vitamin, rajin berolahraga dan istirahat yang cukup, agar imunitas tubuh kita baik dan kita terhindar dari penyakit Covid-19," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES