Peristiwa Daerah Jemaah Haji 2020

Gagal Berangkat, Nafas Lega Calon Jemaah Haji yang Belum Lunas

Selasa, 02 Juni 2020 - 21:28 | 33.54k
ILUSTRASI - Jamaah Haji. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
ILUSTRASI - Jamaah Haji. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
FOKUS

Jemaah Haji 2020

TIMESINDONESIA, LUMAJANGPembatalan ibadah haji tahun ini menjadi kabar yang menyedihkan. Namun menjadi kabar baik bagi ratusan jemaah calon haji 2020 yang belum melunasi pembiayaan tahun ini. Mereka masih bisa melunasi pembiayaan haji hingga tahun depan.

Tahun ini Kabupaten Lumajang, Jawa Timur akan memberangkatkan 884 jemaah calon haji. 658 jemaah sudah melunasi pembiayaan keberangkatan. Sedangkan sisanya, 226 belum melunasi pembiayaan dan terancam gagal berangkat tahun ini.

Kabar ditundanya keberangkatan haji tahun 2020 membuat ratusan jemaah calon haji belum lunas bernafas lega. Mereka masih memiliki kesempatan untuk berangkat tahun depan setelah melunasi pembiayaan ibadah haji.

Kasi Penyelanggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Lumajang Muhammad Sugianto menjelaskan, penundaan pemberangkatan hanya masalah waktu saja. Sebab, jemaah calon haji yang telah melunasi otomatis berangkat tahun depan.

Termasuk jemaah yang sampai saat ini belum melunasi pembiayaan. Mereka juga tetap berhak untuk berangkat tahun depan. "Mereka sebelumnya telah masuk kuota. Sehingga tahun ini diharapkan bisa segera mengurus dan melakukan pelunasan. Kalau logika aturan yang saya pahami seperti itu," ujarnya.

Kendati demikian, Sugianto tetap akan melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat terkait para jemaah calon haji 2020 tersebut. "Ditunggu saja kebijaksanaan selanjutnya dari pusat," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES