Peristiwa Nasional

Layani Pasien Covid-19, RSUD dr. Moh Saleh Dilengkapi Alat Terapi Apheresis

Selasa, 02 Juni 2020 - 21:25 | 27.84k
Alat terapi Apheresis di RSUD dr. Moh Saleh, Kota Probolinggo. (FOTO: F. Fahlevi for TIMES Indonesia)
Alat terapi Apheresis di RSUD dr. Moh Saleh, Kota Probolinggo. (FOTO: F. Fahlevi for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Ditunjuk menjadi rumah sakit pemeriksaan Covid-19 di Jatim, RSUD dr. Moh Saleh, Kota Probolinggo, berbenah. Terbaru, RS milik Pemkot Probolinggo itu menyediakan layanan terapi apheresis untuk pasien kategori lanjut.

Alat untuk terapi itu mulai dioperasikan Senin (1/6/2020) lalu. Dengan alat tersebut, pasien Covid-19 dibantu melakukan terapi dengan proses mendongkrak antibodi.

"Biasanya diterapkan untuk pasien Covid-19 kritis atau emergency, yang membutuhkan antibodi. Tujuan dasar kami adalah mempercepat penanggulangan Covid-19 dengan memberikan terapi alternatif terbaik,” kata Plt Direktur RSUD dr. Moh Saleh, dr. Abraar HS Kuddah.

Secara teknis, dokter spesialis patologi klinik di RSUD dr Moh. Saleh, dr Boby Mulyadi menjelaskan, untuk pasien Covid-19, terapi yang digunakan adalah plasma pasien sembuh diambil dengan alat ini.

Kemudian ditransfusikan ke pasien dengan kriteria berat atau parah. “Jadi penelitian di luar negeri, ada 5 orang yang membaik dengan pemberian terapi menggunakan alat ini,” tutur dr Boby.

Bahkan penelitian menyebutkan hampir 50 macam jenis penyakit yang berkaitan dengan darah bisa diterapi dengan alat pendukung ini.

“Cara kerja alat ini, komponen patologis yang jelek disaring atau dibuang, komponen yang baik dikembalikan ke tubuh pasien,” sambungnya.

Diketahui, Dinas Kesehatan Provinsi Jatim menambah empat jejaring RS pemeriksaan Covid-19. Meliputi RSUD dr. Moh Saleh, RSUD Bangil, RS Lavelette Malang, dan RSUD dr. Iskak. Dengan demikian, RS milik Pemkot Probolinggo ini menjadi rujukan pemeriksaan daerah lain. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES