Peristiwa Nasional NKRI Lawan Corona

Ahmad Basarah: Spirit Gotong Royong Ada pada Kampung Tangguh

Selasa, 02 Juni 2020 - 21:11 | 35.41k
Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah saat menjadi narasumber di acara seminar virtual. (FOTO: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah saat menjadi narasumber di acara seminar virtual. (FOTO: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
FOKUS

NKRI Lawan Corona

TIMESINDONESIA, MALANG – Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah menegaskan spirit gotong royong yang menjadi inti sari Pancasila ada pada penerapan Kampung Tangguh.

Kampung Tangguh gagasan Universitas Brawijaya bersama TNI-Polri dan relawan Malang Bersatu Lawan Corona (MBLC) ini telah ditetapkan di ratusan RW di Jawa Timur.

"Isi kampung tangguh ini menjadi diskursus bukan hanya nasional tapi di kalangan pemangku kepentingan. Ini satu model yang paling realistis," kata Basarah saat menjadi narasumber di acara semina virtual oleh TIMES Indonesia, Selasa (2/6/2020).

Menurut Ketua DPP PDI Perjuangan itu, model Kampung Tangguh sudah layak menjadi role model penanganan bencana. Tidak hanya saat menghadapi pandemi Covid-19 saja namun lebih dari itu bisa digunakan model penanganan bencana lainnya baik alam maupun politik.

"Kampung Tangguh dikonsep secara akademis, memberikan rekomendasi untuk stakeholder baik institusi TNI-Polri, pemerintah dan tokoh masyarakat," ungkapnya.

Basarah menangkap usulan salah satu peserta seminar yang meminta Ahmad Basarah menggaungkan Kampung Tangguh kepada Presiden RI Joko Widodo.

"Saya menyambut baik usulan ini. Role model ini akan terus dikonsepsikan secara nasional," tegasnya.

Ahmad Basarah juga menuturkan salah satu permasalahan bangsa yakni soal kerukunan nasional. Bagaimana masyarakat masih terjebak dalam penyebaran disinformasi.

"Kalau tidak diciptakan ketangguhan mental dan ideologi mulai tingkay RW seperti Kampung Tangguh ini, permasalahan ini bisa mengancam ketahanan nasional," tutup Ahmad Basarah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES