Peristiwa Nasional NKRI Lawan Corona

Diharapkan Efektif Cegah Covid-19, Kampung Tangguh di Gresik Semakin Banyak

Selasa, 02 Juni 2020 - 19:45 | 78.34k
Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto saat meninjau dapur umum yang menyediakan nasi bungkus di Kampung Tangguh Desa Sukorejo. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto saat meninjau dapur umum yang menyediakan nasi bungkus di Kampung Tangguh Desa Sukorejo. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
FOKUS

NKRI Lawan Corona

TIMESINDONESIA, GRESIKKampung tangguh semeru di Kabupaten Gresik, Jawa Timur semakin bertambah banyak. Total ada 49 desa yang akan menjadi proyek percontohan. Program itu diharapkan efektif mencegah persebaran virus Corona atau Covid-19.

Melalui program tersebut, masyarakat diminta menjadi pelopor penanganan Covid-19 tingkat desa. Mereka diminta ketat menerapkan protokol kesehatan serta mandiri dalam penanganan warga terpapar.

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto mengatakan, program kampung tangguh ini diharapkan efektif. Hingga saat ini ada 49 desa yang menjadi proyek percontohan yang tersebar di 17 kecamatan.

Dari jumlah tersebut, setiap kecamatan ada tiga desa maupun kelurahan yang akan dijadikan pilot project di wilayah hukum Polres Gresik.

"Kampung tangguh ini program untuk mengajak masyarakat tanggap dan mandiri dalam penanganan maupun pencegahan Covid-19," katanya saat meresmikan Kampung Tangguh di Desa Sukorejo, Kecamatan Kebomas, Selasa (2/6/2020).

Kapolres Arief menambahkan, pihaknya bersama bersama Pemkab Gresik, serta Kodim 0817 akan terus mendorong masyarakat ikut serta memutus mata rantai penularan Covid-19.

Mantan Kapolres Ponorogo itu mengungkapkan selain ada ruang isolasi dan posko penjagaan, konsep kampung tangguh juga dilengkapi lumbung pangan dan dapur umum.

"Keberadaan kampung tangguh ini memiliki dua fungsi sebagai penanganan Covid-19 di desa atau kelurahan juga sekaligus untuk pengamanan warga di lingkungannya," tambahnya.

Sementara, Kepala Desa Sukorejo Fatkhur Rahman menyambut baik program kampung tangguh. Menurutnya, progam ini sangat bagus dan efektif di tengah pandemi corona.

Fatkhur menambahkan, desanya memang rentan penularan Covid-19. Selain berbatasan langsung dengan Kota Surabaya, Desa Sukorejo bersebalahan dengan industri.

"Meski belum ada kasus di desa ini, kami berharap warga waspada karena resiko itu tetap ada. Apalagi wilayah kita di perbatasan serta di daerah industri," jelasnya usai peresmian kampung tangguh di Desa Sukorejo Gresik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES