Peristiwa Nasional

Doni Monardo Singgung Bantuan di Jatim: Gubernur Telepon Saya Tengah Malam Takbir

Selasa, 02 Juni 2020 - 18:33 | 34.29k
Ketua Gugus Tugas Pusat Covid-19 Letjen Doni Monardo, Selasa (2/6/2020).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Ketua Gugus Tugas Pusat Covid-19 Letjen Doni Monardo, Selasa (2/6/2020).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Ketua Gugus Tugas Pusat Covid-19 Letjen Doni Monardo hari ini bertandang ke Gedung Negara Grahadi sebelum meresmikan rumah sakit darurat di Jalan Indrapura, Surabaya, Selasa (2/6/2020). 

Jenderal bintang tiga tersebut datang bersama Menteri Kesehatan Terawan. Doni Monardo disambut oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. 

"Pertama-tama kami ingin menyampaikan bahwa kunjungan kami kemari saya bersama Menkes adalah dalam rangka melaksanakan tugas yang diperintahkan oleh Presiden RI Jokowi untuk memberikan dukungan bantuan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang dalam beberapa waktu terakhir ada peningkatan sejumlah kasus positif Covid-19," ujarnya. 

Namun, ia mengimbau agar hal ini tidak membuat masyarakat khawatir. Sebab, Doni Monardo percaya Pemprov Jatim tengah berupaya melakukan test secara massif kepada masyarakat. 

"Ini semata-mata karena kekuatan dan kemampuan Pemprov Jatim. Ibu gubernur didukung oleh bupati/walikota untuk melakukan testing yang massif," terang Doni.

Sehingga keberhasilan testing yang massif ini akan sangat menentukan untuk mengurangi dan memutus mata rantai penularan.

Di samping itu, pihaknya turut mengucapkan terimakasih atas kerja keras Gubernur Khofifah dan Gugus Tugas Jatim sehingga warga yang terdampak positif Covid-19 bisa terjaring, baik ODP, PDP termasuk juga masyarakat dengan klasifikasi atau kriteria OTG. Maka, pemerintah pusat terus memberikan dorongan dan dukungan dalam kondisi darurat ini.

"Sebagaimana tadi yang telah disampaikan oleh ibu gubernur termasuk juga dalam kondisi-kondisi kritis pada malam takbiran, ibu gubernur menghubungi saya tengah malam kira-kira pukul 23.30 menyampaikan hal yang perlu mendapatkan perhatian kemudian malam itu juga diproses oleh Gugus Tugas Pusat yaitu tim dari pendistribusian darurat," ungkap Doni. 

Sehingga permintaan bantuan tersebut langsung meluncur dan saat hari lebaran pertama bantuan telah diterima oleh Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jatim Suban Wahyudiono. Kendati demikian, Doni Monardo tidak menjelaskan secara rinci bentuk bantuan tersebut. 

"Jadi dalam kondisi kritis ketika orang dalam kondisi berlebaranpun, kami semua termasuk juga teman-teman di Jatim bekerja keras untuk memberikan bantuan pada masyarakat," papar Doni Monardo. 

Sebab, lanjutnya, pelayanan publik terbaik adalah ketika negara hadir dan bisa menyelamatkan jiwa manusia. 

"Nah inilah yang menjadi komitmen kita semua untuk bisa memberikan dorongan semangat kepada semua pihak. Tenaga medis, dokter, perawat, petugas laboratorium, termasuk juga j treatment pengobatan," kata Ketua Gugus Tugas Pusat Doni Monardo.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES