Peristiwa Nasional Bencana Nasional Covid-19

Ada 127 Anak di Surabaya Positif Covid-19, Bagaimana Penanganannya?

Selasa, 02 Juni 2020 - 18:41 | 25.64k
Ilustrasi - Interaksi anak dan orang tua pada masa pandemi Covid-19. (FOTO: Creative commons via Freepik)
Ilustrasi - Interaksi anak dan orang tua pada masa pandemi Covid-19. (FOTO: Creative commons via Freepik)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Virus Covid-19 tidak hanya menyerang orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak.  Buktinya, sebanyak 127 anak di Surabaya terkonfirmasi positif Covid-19.

Dari angka tersebut, 36 anak diantaranya berusia 0-4 tahun. Sementara 91 kasus lainnya adalah anak dengan usia 5-14 tahun. Data tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita pada Senin (1/6/2020) di Balai Kota.

Lantas bagaimana penanganannya?

Feny sapaan lekat Febria Rachmanita menjelaskan bahwa untuk anak yang terpapar Covid-19 dan dirawat di rumah sakit, akan diarahkan ke ruang khusus.

Anak akan mendapat penanganan khusus dari dokter spesialis anak. Menurutnya, sebagian anak-anak tersebut tertular dari orang tua maupun anggota keluarga lainnya.

Sementara untuk anak yang masih bisa dirawat di rumah, pihak puskesmas akan terus memantau pasien berdasarkan konsulan dokter spesialis anak. Namun perawatan anak di rumah juga tak bisa lepas dari peran orang tuanya sendiri.

Apabila yang positif Covid-19 adalah orang tuanya, maka penerapan protokol kesehatan secara ketat harus dilakukan. Misalnya saat sebelum memegang anak atau bayi, maka orang tua wajib menggunakan hand sanitizer dan face shield.  “Pertahankan imun. Ibunya imunnya harus kuat,” ujar Feny. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES