Peristiwa Nasional

Sebanyak 635 Jemaah Calon Haji Bondowoso Batal Berangkat

Selasa, 02 Juni 2020 - 17:18 | 24.39k
Jemaah haji di Arafah (FOTO: Kemenag RI for TIMES Indonesia).
Jemaah haji di Arafah (FOTO: Kemenag RI for TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Gegara Pandemi Covid-19, Pemerintah Pusat RI meniadakan pemberangkatan Haji tahun 2020. Akibatnya, 635 Jemaah Calon Haji Bondowoso gagal berangkat.

Pembatalan pemberangkatan jemaah haji ini, karena Arab Saudi juga menutup pelaksanaan ibdah haji tahun ini.

Peniadaan ini berlaku untuk semua warga negara Indonesia yang menggunakan kuota pemerintah ataupun pengguna visa haji mujamawah. Yakni, visa haji yang keluar karena undangan khusus dari Kerjaan Arab Saudi. 

Kasi Haji Kemenag Bondowoso, Saiful Badri mengatkan, JCH yang telah melunasi pembiayaannya yakni ada 612 orang, dan 23 orang lagi merupakan cadangan. 

"Terus ada cadangan, memang cadangan itu belum harus diberangkatkan. Artinya kalau dari 612 gagal, artinya sakit atau apa. Dioper ke urutan berikutnya cadangan yang sudah melunasi," paparnya. 

Menurutnya, JCH yang batal berangkat tahun ini, direncanakan akan berangkat tahun berikutnya. Itu pun kalau pandemi ini sudah selesai.

"Pembatalannya terus sudah, kalau sudah diputuskan tahun ini  berarti tidak ada hajian tahun ini. Berarti akan berang`kat tahun 2021," jelasnya, Selasa (2/6/2020).

Pihaknya sendiri akan menginformasikan pembatalan pemberangkatan itu, dengan menindaklanjuti surat dari pemerintah provinsi yang kemudian disampaikan kepada para Jemaah Calon Haji Bondowoso. Baik melalui group-group anggota haji, maupun group kepala puskesmas, kepala KUA, dan juga di forum-forum KBIH Bondowoso. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Adhitya Hendra
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES