Kopi TIMES

Perempuan Mengukur Dampak New Normal

Rabu, 03 Juni 2020 - 00:04 | 157.92k
Estetika Handayani (Direktur Estetika Handayani)
Estetika Handayani (Direktur Estetika Handayani)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pada saat kebijakan New Normal mulai menarik diskursus di ruang publik kita masih menunggu skema sebenarnya dalam praktek di lapangan nanti. New Normal bukan sepi mengenai resiko lain sebagaimana unsur penyebab utamanya yaitu Covid-19. Perlu diperhatikan masalah sosial dan postur ketahanan masyarakat menjalani situasi sosial baru ini. Tidak pelik bagi kalangan perempuan sudah tentu ada masalah yang cukup kompleks dalam beragam aspek.

Angka awal menunjukkan bahwa angka perempuan dan laki-laki terinfeksi oleh COVID-19 dalam jumlah yang kira-kira sama, tetapi tingkat kematian lebih tinggi untuk laki-laki. Hal ini berpotensi disebabkan oleh perbedaan imunologis atau gender berdasarkan jenis kelamin, seperti prevalensi aktivitas merokok. Namun, kelangkaan data terpilah gender membuat perbandingan efektif menjadi sulit. Selain itu, penelitian tentang epidemi sebelumnya, seperti SARS dan Ebola, menunjukkan bahwa perempuan dipengaruhi secara berbeda oleh krisis kesehatan dan epidemi.

Kematian saja tidak sepenuhnya menunjukkan cara-cara di mana perempuan dan laki-laki rentan terhadap risiko langsung epidemi, atau bagaimana mereka mengalami ancaman dan konsekuensi jangka panjang. Norma, sikap, dan praktik budaya yang ditentukan secara sosial terkait dengan gender memainkan peran penting dalam bagaimana masing-masing perempuan dan laki-laki terpengaruh.

Tanggung Jawab Kepedulian Dan Kesejahteraan Psikologis

Perempuan sering menjadi pengasuh utama di rumah mereka, komunitas, dan fasilitas kesehatan, yang menempatkan mereka pada risiko yang meningkat terkena COVID-19. Di Inggris, 77% tenaga kerja NHS dan mayoritas pengasuh informal adalah perempuan. Secara lebih luas, analisis 104 negara mengungkapkan bahwa perempuan membentuk perkiraan sekitar  70% pekerja di sektor kesehatan dan sosial, dan 50% pengasuh yang tidak dibayar.

Pada saat yang sama, lebih dari 70% CEO dan kursi dewan di kesehatan global adalah laki-laki, sementara hanya 5% di antaranya adalah perempuan dari negara berpenghasilan rendah dan menengah. Meskipun begitu banyak perempuan bekerja di garis depan Covid-19, oleh karena itu, perempuan, memiliki sedikit suara dalam langkah-langkah kebijakan yang diberlakukan untuk mengatasi krisis.

Insiden dan laporan kekerasan terhadap perempuan dalam rumah tangga juga meningkat. Ini menunjukkan pada tekanan psikologis laki-laki karena kehilangan pekerjaan dan penghasilan jangka pendek, dan perilaku kekerasan serta pengurungan di rumah dengan pasangan yang kasar selama pembatasan. Akibatnya, dalam jangka panjang kesejahteraan psikologis perempuan mungkin akan terpengaruh bahkan lebih buruk daripada laki-laki dari tekanan finansial dan emosional, dikombinasikan dengan kekerasan fisik.

Konsekuensi ekonomi COVID-19 untuk perempuan

Di daerah pedesaan, keterlibatan perempuan dalam pertanian dapat meningkat di daerah-daerah di mana ada kekurangan tenaga kerja karena berkurangnya jumlah pekerja migran. Misalnya di India, selama musim panen tahun ini (Maret-April), banyak migran telah pindah kembali ke rumah mereka. Hal ini dapat menghasilkan upah pertanian yang lebih tinggi bagi perempuan dalam jangka pendek. Oleh karena itu, permintaan waktu perempuan baik di dalam maupun di luar rumah tangga dapat meningkat di pedesaan India. Efek bersih pada alokasi waktu perempuan akan tergantung pada manfaat relatif bersih dari waktu di rumah dan di luar.

Di daerah perkotaan, karena proporsi keluarga inti yang lebih besar, perempuan mungkin diperlukan untuk mendukung keluarga dengan berada di rumah untuk merawat yang sakit atau karena kehilangan pekerjaan atau penghasilan dalam waktu dekat. Namun, dalam jangka panjang, jika bekerja dari rumah menjadi norma, lebih banyak peluang kerja tersedia bagi perempuan yang sering lebih menyukai pekerjaan berbasis rumahan.

Selain itu, di banyak negara, partisipasi perempuan dalam pasar tenaga kerja seringkali dalam bentuk pekerjaan sementara. Di seluruh dunia, perempuan mewakili kurang dari 40% dari total pekerjaan tetapi merupakan 57% dari mereka yang bekerja paruh waktu. Di banyak negara Afrika sub-Sahara, pembatasan perjalanan akan membatasi banyak perempuan di sektor informal, yang bergantung pada pendapatan yang diperoleh setiap hari, dari mengadu domba perdagangan mereka.

Penutupan Sekolah dan Kerentanan Perempuan

Banyak perempuan juga harus mengajari anak-anak mereka karena pemerintah di seluruh dunia telah sementara menutup sekolah untuk menahan penyebaran Covid-19. Ada kekhawatiran yang meningkat tentang dampak penutupan sekolah ini terhadap lebih dari 111 juta anak perempuan yang tinggal di negara-negara yang terkena dampak kemiskinan atau konflik ekstrem, di mana kesenjangan gender dalam pendidikan adalah yang tertinggi. Di Mali, Niger, dan Sudan Selatan, tiga negara dengan tingkat pendaftaran dan penyelesaian terendah untuk anak perempuan, penutupan telah memaksa lebih dari empat juta anak perempuan keluar dari sekolah.

Sementara itu, di Zambia, di mana tingkat anak perempuan putus sekolah dari kelas tujuh dan seterusnya hampir dua kali lipat jumlah anak laki-laki, pemerintah memutuskan untuk menutup semua sekolah sebelum satu kasus virus corona dilaporkan. Dalam jangka menengah hingga jangka panjang, penutupan sekolah akan berdampak negatif pada hasil pendidikan baik untuk anak perempuan maupun anak laki-laki. Tetapi yang lebih mengkhawatirkan, mengingat kesulitan ekonomi yang ditimbulkan COVID-19 dan meningkatnya risiko kehamilan remaja selama penguncian, banyak anak perempuan tidak dapat kembali ke sekolah lagi.

Rekomendasi kebijakan

International Labour Organization (ILO) memperkirakan bahwa langkah-langkah pembatasan penuh atau sebagian sekarang mempengaruhi hampir 2,7 miliar pekerja, mewakili sekitar 81% dari tenaga kerja dunia, sementara IMF memproyeksikan kontraksi signifikan dari output global pada tahun 2020. COVID-19 sedang meluncurkan ekonomi dunia menuju resesi global, yang akan sangat berbeda dari resesi masa lalu.

Bukti yang muncul tentang dampak COVID-19 menunjukkan bahwa kehidupan ekonomi dan produktif perempuan akan terpengaruh secara tidak proporsional dan berbeda dari laki-laki. Di seluruh dunia, perempuan mendapat lebih sedikit, menabung lebih sedikit, memiliki pekerjaan yang kurang aman, lebih cenderung dipekerjakan di sektor informal. Mereka kurang memiliki akses ke perlindungan sosial dan merupakan mayoritas rumah tangga orang tua tunggal. Karenanya, kapasitas mereka untuk menyerap guncangan ekonomi lebih kecil daripada laki-laki.

Ketika perempuan menerima tuntutan perawatan yang lebih besar di rumah, pekerjaan mereka juga akan secara tidak proporsional dipengaruhi oleh pemotongan dan PHK. Dampak semacam itu berisiko mengembalikan keuntungan yang sudah rapuh yang diperoleh dari partisipasi angkatan kerja perempuan, membatasi kemampuan perempuan untuk menghidupi diri sendiri dan keluarga mereka, terutama bagi perempuan yang dikepalai perempuan. 

Para pembuat kebijakan perlu memasukkan analisis gender ke dalam pengembangan kebijakan Covid-19 dan ketika pandemi ini terungkap, ada kebutuhan mendesak untuk data terpilah berdasarkan jenis kelamin untuk memahami sepenuhnya bagaimana perempuan dan laki-laki dipengaruhi oleh virus. Memahami dampak penguncian pada perempuan dan anak perempuan dapat mengarah pada pengembangan dan implementasi langkah-langkah kebijakan efektif lainnya. Demikian pula, menilai aspek gender dari meminimalkan gangguan dan mempertahankan rantai pasokan untuk barang-barang penting cenderung mengarah pada hasil yang lebih baik untuk semua, pria dan perempuan.

Transfer uang tunai tanpa syarat kepada pemegang rekening bank perempuan diharapkan dapat meningkatkan status finansial dan intra-rumah tangga penerima perempuan, serta kesejahteraan psikososial mereka. Oleh karena itu, pemerintah harus menargetkan penerima manfaat dalam skema sebanyak mungkin untuk memastikan jangkauan maksimal.

Ketika dampak dikurangi, menciptakan portal informasi yang dapat diakses tentang ketersediaan pekerjaan akan membantu laki-laki dan perempuan cocok dengan calon majikan, terutama di daerah perkotaan. Lebih dari sebelumnya, teknologi akan menjadi inti dari "New Normal" dan menjembatani kesenjangan digital akan meningkatkan peluang anak perempuan dan perempuan untuk mengakses pendidikan dan pekerjaan.

Harus diakui, kita hanya mempelajari implikasi sosial-ekonomi dari krisis kesehatan ini saat terungkap. Untuk mengatasi efek gender, seseorang harus memperhitungkan fakta bahwa implikasi jangka pendek mungkin berbeda dari jangka panjang. Mungkin ada kekuatan yang bekerja di kedua arah, mengurangi versus meningkatkan ketidaksetaraan gender. Karena itu, kita harus memiliki alat kebijakan yang fleksibel untuk mengatasi masalah perempuan karena dampak dari krisis kesehatan berkembang seiring waktu. 

***

*) Penulis: Estetika Handayani (Direktur Estetika Handayani)

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

*) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

*) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

*) Redaksi berhak tidak menanyangkan opini yang dikirim.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES