Peristiwa Daerah

Antisipasi Covid-19, TNI-Polri Pantau Puncak Arus Balik Mudik Lebaran di Cilacap

Selasa, 02 Juni 2020 - 13:36 | 30.99k
Situasi di perbatasan dijaga ketat dengan sistem sekat. (FOTO: Pendim Cilacap for TIMES Indonesia)
Situasi di perbatasan dijaga ketat dengan sistem sekat. (FOTO: Pendim Cilacap for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CILACAP – Puncak arus balik mudik Lebaran Idul Fitri 1441 H sudah dimulai hari Sabtu, Minggu, dan Senin kemarin. Aparat gabungan TNI-Polri dan instansi terkait intens melakukan pemantauan dan penyekatan di Posko Pengamanan dan Penjaringan Covid-19 di sejumlah wilayah, seperti Pos Mergo, Patimuan, Jetis, dan Sampang.

Kegiatan tersebut terus dilakukan hingga Selasa (2/6/2020).

Seperti di perbatasan yang menjadi pintu masuk ke Kabupaten Cilacap, aparat gabungan yang tergabung dalam Satgas Penjaringan Covid-19 melakukan sweeping terhadap para pengguna jalan baik yang datang dari luar kota maupun yang akan keluar kota.

Situasi-di-perbatasan-dijaga-ketat-dengan-sistem-sekat.jpg

Aparat melakukan pemeriksaan baik surat kendaraan, pengecekan kesehatan maupun razia penggunaan masker.

Bahkan, beberapa kendaraan yang akan berangkat menuju Jakarta harus putar balik dikarenakan tidak bisa menunjukkan surat izin keluar masuk (SIKM) dan bukti hasil tes swab kesehatan, serta surat dinas dari instansi atau perusahaan.

Bagi yang tidak menggunakan masker, aparat akan memberikan masker sekaligus edukasi kepada pengendara tentang pentingnya masker guna menghindari persebaran Covid-19.

"Pasca Lebaran, kita bersama aparat terkait lainnya rutin melakukan pemantauan di sejumlah wilayah perbatasan/ pintu masuk Cilacap. Selain menjaring dan mengantisipasi persebaran Covid-19, kita juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya penggunaan masker dan kelengkapan surat lainnya bagi mereka yang akan kembali menuju Jakarta atau kota-kota besar lainnya," terang Danramil 07 Maos Kapten Inf. Joko Yunanto.

Selain para pengguna jalan, kegiatan razia penggunaan masker juga dilakukan di tempat-tempat keramaian seperti mall, pasar, dan sejumlah pusat perbelanjaan lainnya. "Kita imbau mereka untuk selalu menggunakan masker dan sebisa mungkin menjaga jarak, dan segera kembali ke rumah masing-masing," ucapnya.

Hal itu dilakukan agar persebaran virus Covid-19 bisa dihentikan, khususnya di wilayah Kabupaten Cilacap. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Adhitya Hendra
Sumber : TIMES Cilacap

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES