Peristiwa Nasional Jemaah Haji 2020

Kemenag RI Putuskan Kepastian Haji 2020 Hari Ini

Selasa, 02 Juni 2020 - 07:44 | 17.96k
Menag RI Fachrul Razi. (FOTO: Kompas)
Menag RI Fachrul Razi. (FOTO: Kompas)
FOKUS

Jemaah Haji 2020

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag RI) akan mengumumkan keputusan terkait penyelenggaraan haji 2020 pada Selasa (2/6/2020). Menteri Agama RI (Menag RI) Fachrul Razi akan langsung menyampaikan pengumuman tersebut melalui teleconference.

"Penjelasan Menag juga akan disiarkan melalui live streaming YouTube Kemenag RI dan Facebook Kementerian Agama," demikian rilis yang diterima TIMES Indonesia. 

Diberitakan sebelumnya, Menag RI, mengatakan, pemerintah akan menunggu keputusan Arab Saudi terkait pelaksanaan haji 2020 hingga 1 Juni. 

Deadline tersebut diperpanjang dari jadwal pengumuman sebelumnya yaitu 20 Mei. Hal itu dilakukan berdasarkan keputusan dari Presiden Jokowi.

Fachrul menjelaskan pemerintah telah menyiapkan tiga alternatif untuk pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Pertama, jemaah haji akan diberangkatkan seluruhnya sesuai kuota tahun ini.

Kedua, jemaah yang diberangkatkan ke Tanah Suci hanya sebagian dari total kuota agar tetap bisa menerapkan pembatasan sosial. "Tiga, gagal berangkat semua," ujar Fachrul beberapa waktu lalu.

Dikatakan Menag RI, Fachrul Razi bahwa waktu persiapan ibadah haji 2020 kali ini sangat terbatas. Sehingga, pemerintah tidak bisa menunggu lama-lama. "Apalagi kita kontingen pertama rencana berangkat Juni 2020, jadi waktunya menjadi pendek," tandas orang nomor satu di Kemenag RI itu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES