Kuliner

Miedes Pelangi Pundong Bantul Sehat dan Kaya Serat

Selasa, 02 Juni 2020 - 09:02 | 112.94k
Wiji Lestari bersama inovasinya miedes pelangi (Foto : Totok Hidayat/TIMES Indonesia)
Wiji Lestari bersama inovasinya miedes pelangi (Foto : Totok Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTAMiedes atau Mie Pedes sudah lama dikenal sebagai kuliner khas kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Mulai dari jalan besar hingga gang kecil terdapat warung yang menjual kuliner berbahan mie yang terbuat dari tepung ketela ini.

Banyaknya usaha sejenis memaksa pemilik warung berinovasi. Agar menarik pembeli agar terus datang atau beralih ke warung lainnya.

Adalah Wiji Lestari salah satu pemilik warung miedes di Srihardono Pundong yang membuat inovasi miedes pelangi. Miedes aneka warna dengan pewarna alami seperti selada, wortel dan buah naga. Ditemui di tempat usahanya Senin (1/6/2020) dirinya mengaku, selain untuk menarik minat pembeli. Inovasi ini.juga bertujuan memenuhi tuntutan gaya hidup sehat. Mengingat selama ini miedes menggunakan pewarna sintetis.

"Inovasi ini dijual dengan brand miedes Bu Mantan," jelas Wiji yang kebetulan suaminya mantan Lurah Srihardono Pundong dua periode. 

Inovasi ini muncul saat dirinya mengikuti festival miedes yang digelar Dinas Pariwisata Bantul April 2019. Ingin menampilkan sesuatu yang berbeda dibuatlah miedes pelangi. Setelah tiga kali melakukan percobaan baru berhasil. Selain sehat miedes pelangi juga mampu bertahan hingga seminggu saat disimpan dalam kulkas. Karena bahan bakunya 100 persem tepung ketela. Inovasinya ini berhasil meraih juara 1.

Berbekal prestasi ini dirinya mulai memperkenalkan inovasinya kepada pembeli. Tak disangka sambutan konsumen sangat bagus. Orangtua senang karena anaknya jadi gemar makan miedes yang kaya serat yang baik untuk pencernaan. Selain melayani pembeli langsung dirinya juga menerima pesanan untuk rapat dan hajatan. Selama Pandemi Covid-19 penjualan lebih banyak dilakukan secara Online via aplikasi dan delivery untuk sekitar kecamatan Pundong. 

"Harganya sangat terjangkau antara sembilan hingga tiga belas ribu rupiah per porsi Miedes," jelas Wiji Lestari. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES