Peristiwa Daerah

DPC GPM Banjarnegara Peringati Hari Lahir Pancasila dengan Potong Tumpeng

Senin, 01 Juni 2020 - 22:55 | 84.31k
DPC GPM Banjarnegara peringati Hari Lahir Pancasila secara sederhana. (Foto: Muchlas Hamidi/TIMES Indonesia)
DPC GPM Banjarnegara peringati Hari Lahir Pancasila secara sederhana. (Foto: Muchlas Hamidi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – DPC Gerakan Pemuda Marhainis (GPM) Banjarnegara, Jawa Tengah memperingati Hari Lahir Pancasila secara sederhana. Mereka potong tumpeng di Warung Kopi Kebul Kenteng Madukara Banjarnegara, Senin sore (1/6/2020).

Kegiatan ini dihadiri oleh pembina Gerakan Pemuda Marhainis Banjarnegara, Wahyu Djatmiko, Hj. Sri Ruwiyati SE MM Setiawan Setyo Handoko SE dan Padmo.

GPM-Banjarnegara-2.jpg

Ketua Gerakan Pemuda Marhainis Banjarnegara Gatot Jatmiko menyampaikan Pancasila sebagai roh bangsa Indonesia harus terus digelorakan kepada pewaris bangsa. Sehingga bangsa ini tetap kokoh dan menjadi bangsa yang besar dan kuat walau mendapat 'gempuran' dari kanan kiri.

Hj. Sri Ruwiyati yang juga sebagai anggota DPRD Provinsi Jateng dari F- PDI menyampaikan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila.

"Dilaksanakan sederhana mengingat situasi dan kondisi tidak memungkinan karena kita tengah pandemi Covid-19. Walau demikian, intinya kita harus menggelorakan semangat Bung Karno dalam menegakan eksistensi Pancasila sebagai dasar ideologi Bangsa Indonesia," ujarnya. 

Seperti diketahui, saat ini pemahaman terhadap makna  Pancasila di kalangan gerasi muda tampak mengalami degadrasi. Sehingga ini menjadi keprihatinan bersama.

GPM-Banjarnegara-3.jpg

"Oleh karenanya, momentum ini dapat kita jadikan sebagai langkah awal gerakan masif untuk menyampaikan kepada generasi muda akan pentingnya memahami makna Pancasila. Apalagi pendidikan pancasila di kalangan pelajar tampaknya semakin pudar," jelas Sri Ruwiyati.

Ke depan, GPM Banjarnegara akan memberikan sosialisasi dan edukasi Pancasila kepada generasi muda. Hal ini didukung oleh Ismawan Setyo Handoko SE sebagai kader PDIP dan sebagai Ketua DPRD Banjarnegara. 

Pancasila sebagai dasar negara yang sah sehingga tidak ada paham dan ideologi apapun kecuali  Pancasila.

"Hal seperti ini perlu disampaikan ke masyarakat luas bahwasanya apapun dan bagaimanapun bangsa ini, Pancasila tetap menjadi dasar negara kita," imbuh Ketua DPRD Banjarnegara Ismawan Setyo Handoko SE saat memperingati Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2020. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES