Peristiwa Nasional

Covid-19, Mendagri RI: Kampanye Pilkada Serentak 2020 Bisa Menggunakan Media Sosial

Senin, 01 Juni 2020 - 16:05 | 33.91k
Mendagri RI Tito Karnavian di ruang rapat Komisi II DPR RI. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia).
Mendagri RI Tito Karnavian di ruang rapat Komisi II DPR RI. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, JAKARTAMendagri RI Tito Karnavian berbicara opsi kampanye Pilkada Serentak 2020 di tengah Pandemi Covid-19. Kata dia, kampanye bisa dengan menggunakan media sosial tanpa kampanye akbar untuk mencegah potensi penularan virus yang menyerang sistem pernafasan manusia itu.

"Kampanye kita ubah agar kampanyenya tidak langsung, menggunakan sosial media, ada pertemuan terbatas dengan physical distancing, tapi nggak ada kampanye jorjoran, kampanye akbar," ujar Tito dalam acara Talkshow yang disiarkan di Channel YouTube Heartline Network, Senin (1/6/2020).

Pelaksanaan Pilkada 2020, kata Tito, akan digelar bulan Desember mendatang. Eks Kapolri itu menjelaskan, alasan pengunduran waktu hanya beda bulan itu karena tak ada yang dapat menjamin kapan berakhirnya pandemi Covid-19.

"Kenapa Pilkada nggak ditunda 2021 saja? Apakah problem Covid-19 pada 2021 ini selesai? Siapa bisa jamin? Nggak ada. Terus nggak bisa jamin mau kapan, mundur 2022 siapa yang bisa jamin, ada waktunya kepala daerah ini berhenti masa jabatannya dan sementara diganti Plt. Plt tidak memiliki kewenangan penuh dan tidak bisa mengandalkan di bawah Plt. Kita perlu kepemimpinan power penuh," ujar Tito.

Selain itu, proses pemungutan suara juga akan diatur menggunakan protokol kesehatan. Para pemilih dan petugas diminta menggunakan masker, menjaga jarak. Kemudian, setiap TPS juga nantinya diminta untuk membuat penjadwalan waktu kedatangan pemilih agar tidak terjadi kerumunan.

"Masyarakat yang akan memilih kemudian diatur jamnya, nomor sekian jam 7-8, jadi nggak semua datang," imbuh Mendagri Tito.

Tito memprediksi, hanya akan ada dua isu yang akan dibahas saat kampanye Pilkada Serentak 2020. Pertama mengenai Covid-19 dan kedua soal ekonomi. "Nanti pemilu ini isinya cuma dua feeling saya, satu isunya Covid-19, kedua isu ekonomi," kata Mendagri RI Tito Karnavian.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES