Peristiwa Nasional Bencana Nasional Covid-19

RS Darurat Pemprov Jatim Rawat Belasan Pasien Covid-19 Asal Surabaya

Senin, 01 Juni 2020 - 07:36 | 28.36k
Ketua Gugus Kuratif Covid-19 Provinsi Jawa Timur, dr Joni Wahyuhadi, Sabtu (30/5/2020). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Ketua Gugus Kuratif Covid-19 Provinsi Jawa Timur, dr Joni Wahyuhadi, Sabtu (30/5/2020). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, SURABAYARumah sakit darurat atau rumah sakit lapangan yang dibangun oleh Pemprov Jatim di Jalan Indrapura, Surabaya sudah mulai beroperasi.

Saat ini rumah sakit merawat 14 pasien (7 perempuan dan 7 laki-laki) kiriman dari puskesmas di Surabaya.

"Semuanya kumpulan atau referan dari puskesmas di Surabaya," terang Ketua Gugus Kuratif Covid-19 Provinsi Jawa Timur, dr Joni Wahyuhadi pada Sabtu (30/5/2020) malam kemarin.

"Jadi yang kita rawat di sana masyarakat Kota Surabaya," imbuhnya.

Menurut keterangan dr Joni, seluruh pasien dalam kondisi baik dengan gejala ringan. Total dokter di rumah sakit yang baru saja diresmikan tersebut berjumlah 6 orang dan 16 perawat.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) nantinya juga akan menyumbangkan relawan tambahan.

"Mereka lagi di training di kantor IDI untuk mensupport kalau-kalau pasiennya bertambah banyak sehingga dokternya juga bisa tambah," tandasnya.

Dokter relawan tersebut adalah dokter yang baru lulus kemudian diajari oleh dokter ahli paru, dokter penyakit dalam serta dokter anastesi. Ahli penyakit tropik dan penyakit menular juga membekali para dokter relawan.

"Mereka masih muda-muda dengan semangat yang tinggi. Kami melihat di sana walaupun tidak jaga tetapi senang tinggal di sana saling mendiskusikan," imbuh Direktur Utama RSUD dr Soetomo ini saat menjelaskan perkembangan Rumah sakit darurat milik Pemprov Jatim. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES