Peristiwa Nasional

Pemkot Samarinda Pastikan 1 Juni 2020 Aktivitas Ekonomi Kembali Normal

Minggu, 31 Mei 2020 - 23:26 | 38.39k
Walikota Samarinda, Syaharie Jaang (FOTO: Kumparan.com)
Walikota Samarinda, Syaharie Jaang (FOTO: Kumparan.com)

TIMESINDONESIA, SAMARINDAPemkot Samarinda sudah memastikan per 1 Juni 2020 besok, aktivitas di Kota Samarinda akan berangsur normal. Hal itu dipastikan setelah Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang menandatangani surat edaran tentang fase relaksasi fase pertama pengendalian Covid-19 di Samarinda.

“Sudah saya teken dan akan dievaluasi lebih lanjut sesuai kebutuhan,” ujar Syaharie Jaang dalam keterangannya yang diterima TIMES Bontang, Minggu (31/05/2020).

Pada fase pertama, perkantoran pemerintah daerah yang terkait langsung dengan pelayanan publik, seperti kantor perizinan dan dukcapil, akan kembali dibuka. Selain itu, akan dibuka tempat ibadah, area publik, termasuk pusat perbelanjaan, pasar malam, dan rumah makan.

Dibuka kembali, dengan memperhatikan standar dan protokol kesehatan, menyediakan tempat cuci tangan dan seluruh ASN, serta warga dan warga wajib memakai masker dan tentunya teknis pelaksanaan di lapangan disesuaikan dengan apa-apa yang direkomendasikan Dinas Kesehatan.

OPD dilarang melakukan kegiatan pertemuan yang melibatkan lebih dari 20 orang dalam satu ruangan tertutup dan 40 orang dalam ruangan terbuka, dengan seluruh peserta memakai masker. Juga tempat peribadahan dapat dibuka kembali dengan tetap melakukan standar dan protokol kesehatan, seperti menyediakan tempat cuci tangan, menjaga jarak minimal 1 meter antarsesama dan wajib memakai masker di setiap kegiatan ibadah.

Selain itu, tempat-tempat umum dan taman, tempat-tempat hiburan, perbelanjaan, rumah makan, pasar malam dapat dibuka kembali dengan tetap melakukan standar dan protokol kesehatan.

“Rekomendasi ini dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti analisis epidemiologi dari Dinas Kesehatan,” ujar Wali Kota Samarinda Jaang. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES