Peristiwa Nasional Bencana Nasional Covid-19

Satu Pedagang Positif Covid-19, Pasar Pabuaran Disarankan Ditutup

Minggu, 31 Mei 2020 - 22:06 | 41.71k
Jubir Gugus Tugas Covid-19, Nanang Ruhyat. (FOTO: Devteo MP/ TIMES Indonesia)
Jubir Gugus Tugas Covid-19, Nanang Ruhyat. (FOTO: Devteo MP/ TIMES Indonesia)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, CIREBON – Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Cirebon menyarankan penutupan sementara Pasar Pabuaran Cirebon. Ini dilakukan setelah adanya satu orang pedagang di Pasar tersebut terkonfirmasi positif Covid-19.

"Untuk status pasar sudah koordinasi dengan dinas terkait karena ini statusnya pasar desa kita menyarankan untuk ditutup sesuai Undang- Nomor 4 tahun 84 tentang wabah penyakit menular," ujar juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Cirebon, Nanang Ruhyat saat ditemui di Covid Center pada Minggu (31/5/2020).

Meski tidak ada penularan lokal, menurut Nanang, diduga yang bersangkutan tertular dari orang-orang yang membawa virus dari daerah lain.

"Diduga ada interaksi dengan orang dari daerah episentrum yang membawa virus karena pasar tempat kerumunan orang," lanjut Nanang.

Nanang juga menyebutkan, rekomendasi penutupan Pasar Pabuaran sempat mendapat penolakan dari para pedagang. Namun pihaknya sudah berkoor dengan pemerintah desa dan pengelola pasar.

Jika memang ada penolakan penutupan pasar desa tersebut, Nanang menegaskan pihak desa harus membuat pernyataan pertanggungjawaban mutlak dan memperketat protokol kesehatan.

"Informasinya pedagang di Pasar Pabuaran Cirebon menolak dan kita ada langkah-langkah tertentu, akan diterapkan protokol ketat, menyediakan tempat cuci tangan dan ada pernyataan pertanggungjawaban mutlak dari desa," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Cirebon

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES