Pendidikan

Prodi Sistem Informasi UNIKA Soegijapranata Adakan Sharing Online Bersama Alumni

Minggu, 31 Mei 2020 - 21:46 | 67.64k
Temu online yang diselenggarakan oleh Prodi Sistem Informasi UNIKA Soegijapranata bersama para alumni. (FOTO: Humas UNIKA for TIMES Indonesia)
Temu online yang diselenggarakan oleh Prodi Sistem Informasi UNIKA Soegijapranata bersama para alumni. (FOTO: Humas UNIKA for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SEMARANG – Program Studi Sistem Informasi UNIKA Soegijapranata Semarang telah menyelenggarakan kegiatan serial yang ke-2 dengan tema ‘Sharing Alumni Tentang Kuliah dan Suasana Kerja’ pada hari Kamis lalu, (28/5/2020).

Hadir sebagai moderator sekaligus penanggung jawab acara adalah Ketua Program Studi (Prodi) Sistem Informasi UNIKA, Albertus Dwiyoga Widiantoro SKom MKom. Dalam perbincangan dengan Ketua Prodi  Sistem Informasi Albertus Dwiyoga, diketahui latar belakang kegiatan yang penyelenggaraan kali ini merupakan kegiatan Serial ke-2 dari rentetan kegiatan serial yang telah dan akan dilaksanakan satu minggu sekali.

“Dalam kegiatan serial ini, kami mencoba menggali masukan-masukan apa saja yang bisa kita dapatkan untuk pengembangan Prodi Sistem informasi di masa mendatang. Kami akui pula untuk tahap awal, pemateri kegiatan serial ini memang masih  banyak didominasi oleh alumni dari program gametechnology, hal tersebut karena program gametechnology adalah  angkatan awal Prodi kami, sehingga banyak mahasiswa dari program gametechnology yang  lebih dulu lulus,” ungkap Dwiyoga pada Times Indonesia, Minggu (31/5/2020).

Dwiyoga menyampaikan alumni Prodi Sistem Informasi UNIKA banyak yang bekerja di pekerjaan yang sama yaitu pengembangan game di perusahaan-perusahaan ternama di Indonesia. Sehingga dicobalah untuk mengumpulkan mereka bersama, namun tentu bukan hal yang mudah, makanya diadakan kegiatan serial ini supaya secara bergantian para alumni bisa hadir membagikan pengalamannya di dunia kerja.

Dalam kegiatan serial ke-1, banyak menggali apa yang menjadi harapan para alumni untuk pengembangan Prodi Sistem Informasi, dan ada beberapa masukan yang mereka berikan, antara lain proses magang dengan waktu cukup panjang (3 – 6 bulan), penyelenggaraan pameran produk hasil karya mahasiswa, dan adanya pengetahuan baru yang disampaikan oleh para dosen dalam kuliah.

“Dengan kegiatan serial ini saya berharap pengalaman yang dibagikan oleh para alumni ini bisa ditangkap secara baik oleh mahasiswa sehingga dapat menambah wawasan dan kepercayaan diri para mahasiswa bahwa apa yang menjadi pilihan studinya memiliki prospek masa depan yang pasti seperti yang disampaikan oleh para alumni,” jelas Dwiyoga.  

Jadi para mahasiswa akan mendapatkan gambaran yang utuh dan riil mengenai bidang kerja yang akan mereka geluti sesuai dengan bidang keilmuannya seperti game, analisa, atau programming. Dan pekerjaan itu memang riil ada, tinggal bagaimana mahasiswa dan calon mahasiswa ini meyakini dan belajar dengan semangat supaya apa yang dipilih menjadi pilihan yang tepat di kemudian hari, ucapnya.

“Khusus di Serial ke-2, mahasiswa dan calon mahasiswa akan mendapat sharing pengalaman dari para alumni yang studi lanjut S-2 di Taiwan, kemudian ada juga yang bekerja sebagai programmer  yang akan mengembangkan diri di bidang e-commerce pada sebuah perusahaan di Jakarta maupun yang bekerja sebagai programmer  di bagian IT pada salah satu institusi pendidikan di Kota Semarang,” paparnya.

Upaya lain yang dilakukan oleh Prodi Sistem Informasi UNIKA Soegijapranata Semarang diantaranya adalah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan seperti PT BCA Tbk, PT Indomarco Group, dan UMKM rintisan, dengan harapan mahasiswa bisa magang atau berpeluang bekerja di perusahaan tempat mereka menyelesaikan magangnya. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Semarang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES