Peristiwa Nasional NKRI Lawan Corona

Pemkab Gresik Ikut Lomba New Normal Life yang Digelar Kemendagri

Minggu, 31 Mei 2020 - 19:43 | 32.66k
Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat rapat bersama persiapan lomba. (Foto: Humas Pemkab Gresik for TIMES Indonesia)
Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat rapat bersama persiapan lomba. (Foto: Humas Pemkab Gresik for TIMES Indonesia)
FOKUS

NKRI Lawan Corona

TIMESINDONESIA, GRESIKPemkab Gresik, Jawa Timur ikut andil dalam lomba yang digelar Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri RI) tentang tatanan kehidupan normal baru atau New Normal Life.

Ajang lomba inovasi tersebut dimaksudkan sebagai kesiapan daerah dalam menyambut New Normal dengan tatanan kehidupan baru yang produktif dan mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

Dengan melibatkan seluruh pemerintah daerah, baik provinsi serta kabupaten/kota, Kemendagri berencana akan menggelar lomba inovasi dengan tema ‘Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19’.

Berbagai tahapan telah disusun salah satunya tahapan prakondisi atau conditioning. Conditioning merupakan langkah antisipasi dan kesiapan menyongsong kehidupan baru atau yang lebih dikenal dengan new normal.

Ada 7 sektor yang akan yang akan diperlombakan. Diantaranya adalah sektor pasar tradisional, pasar modern, restoran, hotel, PTSP yang memberikan pelayanan publik satu pintu, kemudian tempat wisata dan juga transportasi umum. 7 sektor tersebut kemudian membuat simulasi dan protokolnya.

Berkaitan dengan kesiapan Kabupaten Gresik dalam mengikuti lomba inovasi tersebut, Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto, mengatakan semua sektor yang dilomba akan dijadikan sebagai percontohan bagi sektor lainnya di Kota Pudak.

Nantinya akan ada 7 sektor tersebut diharuskan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

“Misalnya persediaan tempat cuci tangan beserta sabun, menyediakan thermogun, hand sanitizer hingga diisnfektan, kemudian baik petugas dan pengunjung harus memakai masker dan menjaga jarak aman,” kata Bupati Sambari, Minggu (31/05/2020).

Di sektor pasar tradisional, Pemkab Gresik menunjuk Pasar PPS, warung apung rahmawati sebagai sektor restoran, Gress mall di sektor pasar modern, Hotel Aston inn di sektor perhotelan dan juga Wisata Setigi yang ada di Desa Sekapuk Ujungpangkah di sektor tempat wisata.

“Penerapan protokol kesehatan di sektor-sektor tersebut nantinya dijadikan sebagai percontohan sektor lainnya sebagai upaya dalam penegakan protokol kesehatan (PPK),” ujar Bupati Sambari.

Masih menurut Bupati Sambari, nantinya output lomba akan dikemas dalam bentuk video yang menggambarkan protokol kesehatan yang dijalankan. Misalnya bagaimana semua orang memakai masker. Lalu ada tempat cuci tangan, ada hand sanitizer terutama dalam hal memberikan pelayanan.

“Kami Pemkab Gresik akan terus mensosialisasikan kepada masyarakat. Kendati demikian, kami juga berharap kerjasama masyarakat dalam menyongsong kehidupan baru atau new normal ini,” tambahnya menanggapi persiapan lomba New Normal Life yang digelar Kemendagri RI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES