Peristiwa Daerah Bencana Nasional Covid-19

Lima Kabupaten di Maluku Utara akan Diusulkan Terapkan New Normal

Sabtu, 30 Mei 2020 - 22:53 | 92.24k
Sekretaris Daerah Samsuddin A Kadir. (Foto: Wahyudi Yahya/TIMES Indonesia)
Sekretaris Daerah Samsuddin A Kadir. (Foto: Wahyudi Yahya/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, TERNATE – Pemerintah provinsi Maluku Utara akan mengusulkan lima kabupaten ke pemerintah pusat untuk menerapkan New Normal atau kenormalan baru di tengah pandemi Covid-19.

Lima daerah tersebut adalah Kabupaten Pulau Taliabu, Kepulauan Sula, Halmahera Tengah, Halmahera Timur, dan Halmahera Barat.

Sekretaris Daerah Samsuddin A Kadir kepada TIMES Indonesia, menjelaskan daerah tersebut memiliki angka penyebaran wabah corona masih relatif kecil, bahkan Pulau Taliabu hingga saat ini belum terdapat kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Sehingga memungkinkan untuk menerapkan New Normal.

"Kemudian sisanya itu memang diharapkan harus melakukan tahapan-tahapan tertentu dulu baru menerapkan New Normal," kata Sekprov saat ditemui di Posko Covid-19 Sahid Bela Ternate, Sabtu (30/5/2020).

Samsuddin mengatakan hingga saat ini belum ada ketentuan secara resmi tentang New Normal atau kenormalan baru di Indonesia.

Oleh karena itu, jika ada daerah di Malut yang melaksanakan kenormalan baru ini, lebih pada pengetatan penerapan protokol kesehatan Covid-19. Seperti halnya yang akan dilakukan di Kota Ternate pada 4 Juni 2020 mendatang.

"Kalau New Normal diberlakukan di Ternate, saya justru melihat upaya penerapan protokol-protokol  kesehatan lainnya," ujarnya. 

Terkait penerapan PSBB khususnya kota Ternate yang memiliki kasus terkonfirmasi positif Covid-19 terbanyak di Maluku Utara, Samsuddin mengaku menunggu hasil kajian epidemiologi daerah daerah tersebut.

"Kita punya kajian juga secara keseluruhan Maluku Utara, tapi kan di Ternate ada gugus, otomatis kita menghargai apa yang mereka laksanakan. Meskipun kita tau bahwa harusnya mereka melaksanakan PSBB spesifik di daerah itu, atau mereka hanya melaksanakan saja PSBB secara nasional yang sudah ada," tandasnya. 

Sementara data terbaru Covid-19 di Maluku Utara pada Sabtu (30/5/2020), kasus terkonfirmasi positif ada penambahan sebanyak 7 orang atau meningkat menjadi 146 orang. Untuk kasus Orang Tanpa Gejala (OTG) juga mengalami peningkatan signifikan sebanyak 153 orang, sehingga data OTG menjadi 819 orang.

Kemudian, Kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) 74 orang, kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 29 orang, kasus sembuh 27 orang, dan kasus meninggal 7 orang.

Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 terbanyak di Kota Ternate yakni 92 kasus positif, 15 kasus sembuh, dan 3 meninggal. Disusul kota Tidore Kepulauan 19 kasus positif, 8 kasus sembuh, dan 2 kasus meninggal. (adv)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Maluku

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES