Peristiwa Nasional Desa Aman Corona

Salurkan BLT DD, Kades Kalikuning Pacitan: Semoga Dapat Mencukupi Kebutuhan Warga

Sabtu, 30 Mei 2020 - 21:53 | 84.18k
Suasana saat penyerahan BLT dari Pemdes Kalikuning kepada warga terdampak Covid-19. (Foto: Rudi for TIMES Indonesia)
Suasana saat penyerahan BLT dari Pemdes Kalikuning kepada warga terdampak Covid-19. (Foto: Rudi for TIMES Indonesia)
FOKUS

Desa Aman Corona

TIMESINDONESIA, PACITAN – Adanya wabah pandemi Corona atau Covid-19 memiliki dampak serius dari segi ekonomi masyarakat khususnya warga Desa Kalikuning, Kecamatan Tulakan, Pacitan Jawa Timur. Namun, melalui program Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa tahun anggaran 2020, dengan nilai Rp 600 diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat guna mencukupi kebutuhan sehari-harinya.

Demikian disampaikan Kepala Desa Kalikuning, Agung Pambudi saat menyerahkan kepada 175 penerima program BLT tahap pertama bertempat di aula balai Desa Kalikuning. Penyerahan bantuan ini tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pemdes-Kalikuning-2.jpg

“Hari ini saya serahkan BLT-DD Tahap Pertama pada bulan Mei sebesar 600 ribu rupiah. Harapannya semoga dana tersebut dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan di tengah pandemi ini dan dapat meringankan beban ekonomi masyarakat,” katanya, Sabtu (30/05/2020).

Sebelumnya Pemdes serta Relawan Muda Peduli Desa Kalikuning melakukan survei ke lapangan, memastikan calon penerimanya sesuai kriteria yang ada atau tidak. Serta bantuan tersebut akan berjalan selama tiga bulan.

Sebab kriteria yang menjadi penerima BLT tersebut diharuskan keluarga miskin non PKH atau bantuan pangan non tunai (BPNT), yang kehilangan mata pencaharian, belum terdata (exclusion error), dan mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis.

Pemdes-Kalikuning-3.jpg

Pada kesempatan terpisah, Ketua BPD Desa Kalikuning Riamanto, menyampaikan ungkapan terima kasih kepada semua pihak. Sebab, dengan kerja kerasnya melaksanakan kegiatan pemutakhiran data hingga pencairan berjalan lancar.

“Saya sebagai Ketua BPD semoga dengan adanya BLT dari Dana Desa bisa membantu meringankan beban masyarakat dan tentunya ini semua berkat kerjasama semua pihak, dari relawan RT, RW Pemdes. Kami hanya memutuskan mengawasi dan berharap ini tidak ada gejolak atau pun permasalahan di kemudian hari,” kata Riamanto. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES