Peristiwa Daerah Bencana Nasional Covid-19

Unesa Melalui PKM Salurkan Bantuan Kepada Warga di Sidoarjo Terdampak Covid-19

Sabtu, 30 Mei 2020 - 22:20 | 66.83k
Tim PKM dari jurusan Sendratasik FBS Unesa. (Foto: Anik for TIMES Indonesia)
Tim PKM dari jurusan Sendratasik FBS Unesa. (Foto: Anik for TIMES Indonesia)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) melalui Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) salurkan bantuan kepada warga yang terdampak Covid-19 di sejumlah wilayah Sidoarjo.

Adapun penyebaran di sejumlah wilayah Sidoarjo meliputi desa Wage kecamatan Taman serta sebagian desa di Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (30/5/2020).

FBS-Unesa-2.jpg

Dr. Anik Juwariyah, M. Si. Ketua Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik Unesa menjelaskan bantuan ini ditujukan kepada masyarakat yang diharuskan untuk stay at home dalam waktu yang lama, sehingga kemungkinan besar bisa menyebabkan stress dan berkurangnya sistem imun tubuh. Terlebih jumlah masyarakat yang terkena PHK atau dirumahkan tidak sedikit sehingga penghasilan pun menurun.

"Banyak masyarakat yang terkena PHK, omset menurun, kehilangan pekerjaan, dan lainnya. Dengan memberikan sembako kepada khalayak sasaran diharapkan keseharian masyarakat juga dapat meningkat," ungkap Anik.

Adapun jenis sembako yang telah didistribusikan yang meliputi makanan pokok yang diperlukan masyarakat untuk menjaga kesehatannya. Diantaranya beras 5kg, minyak goreng 2 liter, gula 1kg, teh 1 kotak, kopi 1 bungkus, serta mie instan 5 bungkus.

Dalam kesempatan ini, tim membuat 136 paket. Sedangkan pembagiannya 100 paket dibagikan untuk masyarakat Wage dan Waru, dan 36 paket dibagikan ke Unesa Crisis Center (UCC) untuk dibagika kepada masyarakat lain.

Dengan menggunakan metode koordinasi dengan khalayak sasaran seperti RT dan RW, giat ini dijalankan langsung oleh tim PKM yang terdiri dari lima dosen jurusan Seni Drama Tari dan Musik (Sendratasik) Unesa, yaitu Anik Juwariyah, Eko Wahyuni, Joko Winarko, Dhani Kristiandri, dan Agus Suwahyono.

FBS-Unesa-3.jpg

Sementara itu, target dalam kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, menjalin kerjasama antar Unesa dengan stakeholders terutama masyarakat desa Wage Kecamatan Taman dan masyarakat Waru Sidoarjo.

Selain itu, dalam pelaksanaan kegiatan pembagian sembako ini, tim PKM selalu mentaati prosedur yang ditetapkan WHO selama pandemi Covid-19 ini, yaitu selalu mengenakan masker serta cuci tangan.

"Peralatan cuci tangan kami sediakan di depan rumah tempat pembagian sembako. Hal ini sengaja dilakukan agar warga yang hendak mengambil sembako dapat membersihkan tangannya terlebih dahulu dan mereka juga wajib mengenakan masker. Sebelumbta kami sampaikan pada surat undangan pengambilan sembako," tutur Anik pada TIMES Indonesia.

Dalam hal ini, bantuan sembako ini diharapkan tepat sasaran agar bermanfaat kepada masyarakat yang membutuhkan sehingga kegiatan ini juga sebagai upaya untuk mendukung marwah Unesa yang lebih baik.

"Kami berkoordinaai dengan Unesa Crisis Center (UCC) sebagai unit yang secara langsung menangani percepatan penanganan Covid-19 di Unesa dengan harap bantuan sembako ini tepat sasaran untuk warga terdampak Covid-19," tutup Anik Juwariyah Ketua Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik Unesa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES