Peristiwa Daerah Bencana Nasional Covid-19

Satu Tenaga Kesehatan di Banyuwangi Positif Covid-19

Sabtu, 30 Mei 2020 - 21:24 | 36.07k
Dinas Kesehatan Banyuwangi sedang melakukan Rapid Test massal di pusat perbelanjaan di Banyuwangi. (Foto: Rizki Alfian/ TIMES Indonesia)
Dinas Kesehatan Banyuwangi sedang melakukan Rapid Test massal di pusat perbelanjaan di Banyuwangi. (Foto: Rizki Alfian/ TIMES Indonesia)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Seorang tenaga kesehatan di Banyuwangi, Jawa Timur, terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19). Pasien 09 tersebut memiliki kontak erat dengan pasien 03, yang juga tenaga kesehatan dari klaster pelatihan petugas haji di Asrama Haji Surabaya.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Banyuwangi, dr Widji Lestariono, menjelaskan, pasien 09 ini mengikuti rapid test massal untuk tenaga kesehatan pada 19 Mei 2020. Pasien tersebut adalah satu dari 23 tenaga kesehatan yang saat itu hasil rapid test-nya reaktif.

"Kepada 23 tenaga medis ini, saat itu kita ambil swab untuk diuji di Surabaya. Hasilnya, ada satu yang dinyatakan positif sebagai pasien 09. Sedangkan 22 orang lainnya negatif," kata Rio, sapaan akrabnya, Sabtu (30/5/2020).

Rio menambahkan, kondisi pasien 09 secara klinis baik, sehingga yang bersangkutan bisa dikatakan sebagai OTG (orang tanpa gejala).

"Meski begitu, kami isolasi pasien di RSUD Genteng. Kemudian akan terus dilakukan treatment, dan dalam waktu dekat kita uji swab lagi," ungkap Rio. 

Dengan adanya tenaga kesehatan yang terpapar virus corona, Rio meminta masyarakat untuk tidak terlalu khawatir berlebihan bila akan berobat ke fasilitas kesehatan. Puskesmas maupun rumah sakit telah memiliki protokol keamanan kesehatan.

"Semua sudah menerapkan protokol penanganan pasien dengan baik. Kalau memang merasa perlu ke rumah sakit atau puskesmas, tetap datang saja. Tapi, yang terpenting saat ini, kita semua harus menjaga kesehatan tubuh agar tidak sakit," terang Rio. 

Selain ada tambahan pasien yang positif, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Banyuwangi melaporkan adanya tambahan satu pasien yang dinyatakan sembuh dari infeksi virus corona. Dia adalah Pasien 07 yang merupakan warga Kecamatan Siliragung.

“Pasien tersebut sudah dilakukan uji swab yang kedua dan ketiga, hasilnya negatif semua. Dengan demikian, jumlah pasien yang sembuh di Banyuwangi ada dua orang dari total 9 kasus positif saat ini. Ada satu meninggal, dan enam lainnya dalam perawatan,” papar Rio usai menyampaikan adanya tenaga kesehatan di Banyuwangi yang terkonfirmasi positif Covid-19. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES