Peristiwa Nasional Bencana Nasional Covid-19

Setelah DKI, Ini Daerah dengan Kasus Positif Covid-19 Terbanyak di Indonesia

Sabtu, 30 Mei 2020 - 21:00 | 28.57k
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto. (FOTO: BNPB)
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto. (FOTO: BNPB)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kasus positif virus Corona (Covid-19) di Indonesia mencapai 25 ribu lebih per 30 Mei 2020. Dari jumlah tersebut, terbanyak pasien positif Covid-19 masih berada di DKI, Jawa Timur dan 3 provinsi lain.

"Kita dapatkan kasus konfirmasi positif naik 557 sehingga menjadi 25.773," ungkap Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube BNPB, Sabtu (30/5/2020).

Menurut Yuri, ada 10 provinsi yang nihil kasus baru positif Corona dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Ia juga merinci ada 5 provinsi dengan jumlah kasus Corona tertinggi.

"Ada 5 provinsi yang masih memiliki angka kasus positif cukup tinggi yang ditemukan hari ini. Di antaranya adalah Jawa Timur, kalau dibandingkan data kemarin cenderung naik. Kemudian DKI meskipun tinggi dibandingkan data kemarin, cenderung turun," sebut Yuri.

Meski angka kasus Corona di DKI Jakarta lebih tinggi dari kemarin, ini disebabkan karena penambahan dari kelompok migran yang baru kembali ke Indonesia. Tren di Jakarta sendiri, kata Yuri, cenderung turun.

"Khusus DKI ini tidak seluruhnya berasal dari wilayah administrasi DKI karena kita tahu bersama sebagian besar saudara-saudara kita yang bekerja di luar negeri ketika pulang ke tanah air masuknya lewat Bandara Soekarno-Hatta," tuturnya.

"Sudah menjadi ketentuan pemerintah mereka harus dilakukan pemeriksaan dan beberapa di antara mereka positif Covid-19. Hanya datanya akan masuk di data Provinsi DKI tapi tidak menggambarkan bahwa ini kondisi administrasi DKI," imbuh Yuri.

Tiga provinsi yang tinggi kasus Corona lainnya adalah Sulawesi Selatan, Kalimantan Tengah, dan Jawa Barat. Untuk Jabar, trennya juga cenderung menurun meski angkanya masih tinggi.

Sementara itu orang dalam pantauan (ODP) Covid-19 berjumlah 47.714, dan pasien dalam pengawasan (PDP) ada 12.832. Lalu pasien yang sembuh ada tambahan 523 sehingga total menjadi 7.015.

Perlu diingat, bahwa kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai 25 ribu lebih per 30 Mei 2020. Dari jumlah tersebut, terbanyak masih berada di DKI Jakarta, Jawa Timur dan 3 provinsi lain. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES