Peristiwa Nasional Virus Corona 2020

Aduh! Balita di Banjarnegara Reaktif Covid-19

Sabtu, 30 Mei 2020 - 15:56 | 40.77k
Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono sampaikan perkembangan Covis-19 pada publik. (FOTO : Komimfo/TIMES Indonesia)
Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono sampaikan perkembangan Covis-19 pada publik. (FOTO : Komimfo/TIMES Indonesia)
FOKUS

Virus Corona 2020

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Seorang balita berusia 5 tahun asal Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah teridetifikasi reaktif Covid-19.

Hal ini diungkapkan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, terkait perkembangan kasus Covid-19 di  Pringgitan, Sabtu siang (30/5/2020).

Bupati menjelaskan, balita positif rapid test tersebut berawal dari hasil pemeriksaan pada PDP di salah satu Rumah Sakit di Banjarnegara.

"Untuk hal ini, kami menghimbau kepada seluruh orang tua agar lebih meningkatkan proteksi diri dan keluarga, dengan tidak membawa anak-anak ke tempat-tempat keramaian," ucapnya.

Bupati mengimbau untuk tidak membawa anak-anak ke wilayah zona merah dan ketika pulang biasakan untuk membersihkan diri terlebih dahulu sebelum melakukan kontak langsung dengan anak-anak di rumah.

"Sayangi diri dan keluarga kita dengan cara berperilaku hidup bersih dan sehat. Jaga jaral dan menggunakan masker jika bepergian atau berada diluar rumah," ucapnya.

Bupati selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-9 Banjarnegaran juga menginformasikan, ada penambahan reaktif Covid-19 di Kabupaten Banjarnegara. 

Yang semua tinggal 18 orang, pada Sabtu (30/5/2020) terdapat penambahan 13 orang, sehingga totalnya mejadi 31 orang yang sedang menunggu hasil obsebasi swab. Saat ini di Banjarnegara terdapat 37 pasien terkonfirmasi Positif Covid-19. 25 orang dinyatakan sembuh, 11 orang masih dalam perawatan.

Bupati mengatakan, dengan terus bertambahnya jumlah pasien positif rapid test menunjukan bahwa penyebaran virus corona masih terjadi.

"Oleh karena itulah kami tidak bosan-bosannya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspasa dan mengikuti seluruh protokol kesehatan yang dianjurkan Pemerintah," ucapnya.

Bupati menambahkan, hasil tracing pasien dengan rapid tes positif asal Kecamatan Pejawaran yang terjaring saat pemeriksaan di wilayah Pasar Batur setelah dilakukan pemeriksaan terhadap keluarga dan didapatkan 1 orang reaktif, yang merupakan istri dari pasien.

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan secara Mandiri oleh pasien, Didapatkan 2 orang reaktif. 1 orang asal Kecamatan Purwanegara dan 1 orang merupakan karyawan salah satu perusahaan swasta di Banjarnegara.

Hasil penjaringan di pusat perbelanjaan didapatkan 1 orang karyawan dengan hasil positif rapid test asal Kecamatan Sigaluh,

"Dari sini kami lakukan tracing kepada keluarga  dan dipatkan 1 orang positif rapid tes yaitu ayahnya.  Selanjutnya, kami akan melakukan tracking terhadap kontak erat rapid test positif," jelas Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Adhitya Hendra

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES