Peristiwa Daerah

RSUD Banjarnegara Jadi Rujukan Laboratorium TCM di Jateng

Sabtu, 30 Mei 2020 - 12:08 | 100.01k
Direktur RSUD Hj Anna Lasmanah Banjarnegara dr Erna Astuty (FOTO : Muchlas Hamidi/TIMES Indonesia)
Direktur RSUD Hj Anna Lasmanah Banjarnegara dr Erna Astuty (FOTO : Muchlas Hamidi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARARSUD Hj Anna Lasmanah Banjarnegara saat ini mendapat kepercayaan sebagai salah satu rujukan laboratorium Tes Cepat Molekul (TCM) di Jawa Tengah.

Dengan alat ini deteksi terhadap virus corona atau Covid-19 diyakini lebih cepat. Alat ini sendiri direkomendasikan sebagai metode baru untuk identifikasi Covid-19.

Seperangkat alat TCM ini Rabu (27/5/2020) kemarin baru datang dari pemerintah pusat sebagai bantuan terhadap rumah sakit besar seperti RSUD Hj Anna Lasmanah.

Alat ini diterima langsung Direktur RSUD dr Erna Astuty dan dioperasikan pemakaiannya pada Sabtu (30/5/2020) ini.

"Sesuai amanat dari pemerintah kami akan menggunakan alat tersebut sesuai peruntukkannya bagi pasien yang dirawat di rumah sakit," ujar Direktur RSUD Hj Anna Lasmanah, dr Erna Astuty, Sabtu (30/5/2020) seperti dikutif akun FB RSUD Hj Anna Lasmanah.

Menurutnya,  laboratorium RSUD Hj Anna Lasmanah adalah satu dari 13 laboratorium regional Jawa Tengah yang ditunjuk pemerintah untuk dapat melakukan pemeriksaan TCM. Alat ini jelas dr Erna, sebelumnya diketahui untuk mendeteksi penyakit tuberculosis (TB) berdasarkan pemeriksaan molekuler.

Sebelumnya diketahui untuk memeriksa kondisi pasien positif Covid 19, tenaga medis menggunakan PCR (Polymerase Chain Reaction) menggunakan sampel usapan lendir dari hidung atau tenggorokan.

Setelahnya,  pemerintah juga melegalkan pemeriksaan rapid test menggunakan sampel darah untuk mengetahui apakah seseorang ada kecenderungan terinfeksi Covid 19.

Sementara itu, dr Trinovia Andayaningsih, Sp PK selaku kepala instalasi laboratorium RSUD mengatakan bahwa pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk memaksimalkan pemakaian alat tersebut sesuai instruksi pemerintah.

"Tes ini akan mengidentifikasin RNA pada virus corona pada mesin yang menggunakan catridge khusus yang bisa mendeteksi virus ini,"jelas kepala instalasi laboratorium RSUD Hj Anna Lasmanah Banjarnegara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Adhitya Hendra

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES