Peristiwa Daerah

Pemprov NTB Luncurkan JPS Gemilang Tahap II

Sabtu, 30 Mei 2020 - 12:18 | 31.41k
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi NTB Ridwan Syah.(Foto: Humas Pemprov NTB for TIMES Indonesia)
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi NTB Ridwan Syah.(Foto: Humas Pemprov NTB for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MATARAMPemprov NTB meluncurkan Jaring Pengaman Sosial Gemilang atau JPS Gemilang Tahap II. Bantuan bagi warga terdampak Virus Corona (Covid-19) tersebut berisi paket sembako.

Dalam penyaluran JPS Gemilang tahap II ini Pemprov NTB akan melibatkan lebih 534 Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang tersebar di seluruh Nusa Tenggara Barat (NTB).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi NTB Ridwan Syah menerangkan, 534 IKM/UKM yang terlibat terbagi dalam 34 unit usaha untuk pengadaan beras, garam melibatkan 10 IKM/UKM, minyak kelapa dengan 50 IKM/UKM, abon 39 IKM/UKM.

UKM-Mataram.jpg

Sedangkan home industri ikan kering melibatkan 36 unit usaha, menyusul sabun 18 unit usaha, susu kedelai ada 26 unit usaha, minyak kayu putih dengan tujuh unit usaha. Kemudian, gula aren 15 unit usaha, teh kelor dengan 21 unit usaha

"Serbat melibatkan 12 unit usaha, goodie bag vinyl dengan 28 unit usaha dan kopi melibatkan 76 unit usaha. Kue kering itu melibatkan 71 IKM dan masker dengan 102 IKM," kata Ridwan Syah, di Mataram, Sabtu (30/5/2020).

Ia menyatakan bahwa keterlibatan pelaku usaha kecil, menengah, mikro karena Gubernur NTB Dr Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur Dr Rohmi Djalilah ingin ada dampak luas kepada pelaku usaha. Perputaran ekonomi akan terjadi dari hulu hingga hilir.

"Semangatnya supaya di saat kondisi ekonomi tengah jatuh, para pelaku ekonomi tetap survive," ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTB Lalu Gita Aryadi berharap agar setiap proses penanganan Covid-19 ini dapat menjadi pembelajaran bagi NTB ke depannya.

Ia juga mengapresiasi kerja keras seluruh tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi NTB untuk terus menjalin komunikasi dengan baik. "Mari kita tampil mempesona sehingga apa yang kita kerjakan ini dapat menyenangkan bagi semua," tutur Gita.

Sebagai informasi, JPS Gemilang tahap II yang diluncurkan Pemprov NTB pada 30 Mei 2020 ini akan didistribusikan kepada 110.000 KK Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan 15.000 KK Non DTKS, sehingga total yang menerima JPS Gemilang tahap II yakni 125.000 KK. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Mataram

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES