Peristiwa Nasional

Via Data Potensi, BPJS Kesehatan Gresik Bantu Pemda Tangani Covid-19

Sabtu, 30 Mei 2020 - 09:24 | 39.13k
Pertemuan antara Dinkes Kabupaten Gresik bersama BPJS Kesehatan Cabang Gresik (Foto: BPJS Kesehatan Gresik).
Pertemuan antara Dinkes Kabupaten Gresik bersama BPJS Kesehatan Cabang Gresik (Foto: BPJS Kesehatan Gresik).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Melalui penyerahan Data Peserta Potensi dan Dashboard JKN, BPJS Kesehatan Cabang Gresik, Jawa Timur mendukung Pemda Gresik dalam penanganan Covid-19

Lewat penyerahan data peserta JKN dengan faktor risiko Covid-19, langkah BPJS Kesehatan sebagai upaya preventif bagi peserta yang membutuhkan perawatan ICU dan pelayanan Rawat Inap Tingkat Lanjutan apabila ada peserta terinfeksi.

"Penyerahan data ini kami lakukan untuk mencegah Covid-19 melalui analisis penilaian risiko peserta JKN demi meningkatkan akurasi program promotif preventif agar tepat sasaran kepada peserta yang memiliki risiko tinggi," kata Pejabat Pengganti Sementara (Pps) Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gresik, Farida Isnaini, Sabtu (30/5/2020).

Selain menyerahkan data potensi Covid-19, Ida menjelaskan bahwa BPJS Kesehatan Cabang Gresik juga memberikan akses terhadap Dashboard JKN untuk mendukung program pemerintah dalam menciptakan kebijakan-kebijakan terkait kesehatan.

"Dashboard JKN ini untuk mendukung program pemerintah menciptakan kebijakan-kebijakan berbasis data (Evidence-Based Policy) sesuai dengan karakteristik wilayah kerja, seperti di Gresik ini," kata Farida kepada wartawan.

Adapun data dalam Dashboard JKN yang dapat diakses antara lain jumlah fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, jumlah kepesertaan, jumlah kunjungan ke fasilitas kesehatan, dan jenis penyakit.

"Penyerahan data-data tersebut dilakukan sesuai dengan Perpres 82 Tahun 2018 yang menyatakan bahwa BPJS Kesehatan wajib memberikan data dan informasi kepada Kepala Dinas Kesehatan setempat secara berkala setiap 3 bulan”, jelas Ida.

Kepala Dinas Kesehatan Gresik drg Saifudin Ghozali mengapresiasi langkah BPJS Kesehatan Cabang Gresik. Sebab kata dia keberadaan Dashboard JKN dan data peserta JKN potensi Covid-19 ini sangat penting.

"Kami mengucapkan terima kasih dengan keberadaan Dashboard JKN dan data peserta potensi Covid-19 ini, sebab antara Dinkes Gresik dan BPJS Kesehatan bisa semakin dimudahkan dengan adanya data yang dapat diakses secara daring ini sehingga optimis Kabupaten Gresik dapat mencapai UHC (Universal Health Coverage) di tahun ini," imbuh Saifudin.

Jubir Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19 ini menjelaskan, hal ini merupakan komitmen BPJS Kesehatan untuk mendukung langkah pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

"Sebab dengan keberadaan data yang kami terima, kami bisa melihat dan memonitoring kepesertaan BPJS Kesehatan yang mempunyai risiko, sehingga membantu penyelesaian penanganan Covid-19 dengan tepat, khususnya di wilayah Gresik," jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Adhitya Hendra
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES