Peristiwa Nasional

Presiden RI Jokowi Beri Arahan Pemulihan Ekonomi Dampak Covid-19

Sabtu, 30 Mei 2020 - 05:55 | 52.20k
Presiden Jokowi. (FOTO: Biro Pers Istana Kepresidenan).
Presiden Jokowi. (FOTO: Biro Pers Istana Kepresidenan).

TIMESINDONESIA, JAKARTAPresiden RI Jokowi menggelar rapat terbatas tentang evaluasi Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk pemulihan ekonomi dampak Covid-19, Jumat (29/5/2020).

Dalam kesempatan itu Jokowi memberikan empat arahan penting terkait tema tersebut. Pertama, Kepala Negara ingin PSN yang sangat penting bagi bangsa dan negara tetap dilanjutkan meskipun virus corona sedang melanda.

"Agenda strategis tak hanya di bidang ekonomi, tapi juga di bidang mendasar lainnya yaitu berkaitan dengan pendidikan, peningkatan kualitas SDM dan kesehatan," ucapnya melalui telekonferensi.

Misalnya di bidang kesehatan. Jokowi mengungkapkan pemerintah memiliki agenda besar menurunkan stunting, pemberantasan tuberculosis (TBC), malaria, demam berdarah dengue (DBD), HIV/AIDS, dan juga berkaitan dengan gerakan hidup sehat.

"Ini artinya kita harus fokus menangani dan mengendalikan Covid tapi agenda strategis yang berdampak besar bagi kehidupan rakyat tak boleh dilupakan," tegas Jokowi.

Kedua, terkait dengan PSN yang sedang berjalan, dirinya meminta agar itu di prioritaskan. PSN yang harus mendapat prioritas adalah yang berdampak langsung bagi penguatan ekonomi rakyat dan pemulihan ekonomi nasional.

"Saya mencatat beberapa PSN yang sangat penting bagi pemerataan dan penguatan ekonomi rakyat. Misalnya seperti program sertifikasi tanah untuk rakyat, legalisasi lahan transmigrasi, reforma agraria, perhutanan sosial dan peremajaan perkebunan rakyat. Saya ingin pastikan program prioritas ini tetap berjalan tapi mengikuti protokol kesehatan ketat," tuturnya.

Ketiga, Jokowi memerintahkan jajarannya segera menyelesaikan berbagai hambatan atau sumbatan bagi pelaksanaan PSN di lapangan. Ia menerima laporan bahwa hambatan yang paling besar masih pada urusan pembebasan lahan.

"Keempat, terkait dengan usulan 245 PSN baru, saya minta betul-betul dilihat di lapangan, dihitung, dikalkulasi secara rinci, mana yang direkomendasi, dan mana yang tidak direkomendasi, prioritas penambahan proyek yang memiliki daya ungkit besar pada pemulihan ekonomi pasca pandemik (Covid-19) saya kira sangat penting untuk kita dahulukan," tandas Presiden RI Jokowi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Adhitya Hendra
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES