Peristiwa Nasional

Kabaharkam Polri Kunjungi Kampung Tangguh di Kabupaten Malang

Jumat, 29 Mei 2020 - 21:13 | 41.09k
Kunjungan rombongan Mabes Polri ke Kampung Tangguh di Desa Sitirejo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Jumat (28/5/2020). (FOTO: Gilang/ TIMES Indonesia)
Kunjungan rombongan Mabes Polri ke Kampung Tangguh di Desa Sitirejo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Jumat (28/5/2020). (FOTO: Gilang/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGKabarhakam Polri, Komjen Pol Drs Agus Andrianto, S.H., M.H, bersama rombongan didampingi Kapolda Jatim, Irjen Pol. Dr. M. Fadil Imran, M.Si, mengunjungi Kampung Tangguh yang ada di Kabupaten Malang.

Di Kabupaten Malang sudah ada 48 Kampung tangguh yang dikawal TNI-Polri dan Pemkab Malang. Hal itu salah satu upaya untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Kampung Tangguh yang dikunjungi rombongan dari Mabes Polri adalah Kampung Tangguh di Desa Sitirejo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang.

Kunjungan-rombongan-Mabes-Polri-ke-Kampung-Tangguh-2.jpg

Hadir dalam kunjungan tersebut, Kabarhakam Polri, Komjen Pol Drs Agus Andrianto, S.H., M.H, Kakorbinmas Polri, Irjen Pol Riyapudin Nursin, Kapolda Jatim, Irjen Pol Dr M Fadil Imran, M.Si, Dan Pelopor Korps Brimob Polri, Brigjend Pol Drs Verdianto Iskandar Bitticaca,M.Hum, Kapusdokkes Polri, Brigjend Pol Rusdianto, Danrem 083 Baladhika Jaya, Kol Inf Zainuddin, Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Dr Leonardus Harapantua Simarmata Permata, S.Sos., S.I.K., M.H, Kapolres Batu, AKBP Harviadhi Agung Pratama, S.I.K., M.I.K, dan Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar, S.I.K.,M.H, Dandim 0818 Kabupaten Malang-Batu, Letkol Inf Ferry Muzzawad, S.I.P,  dan Bupati Malang, Drs HM Sanusi, M.M.

Menurut Kabarhakam Polri, Komjen Pol Drs Agus Andrianto, program Kampung Tangguh dengan tujuh Ketangguhan di Desa Sitirejo, diharapkan tidak hanya dalam menangani covid-19. Namun agar dipertahankan sehingga bisa menjdi modal strategis dan bermanfaat bagi kertahanan masyarakat.

"Jika kampung tangguh ini efektif dalam menangkal virus corona, maka akan dijadikan role mode dan akan dikembangkan di seluruh Indonesia," katanya, Jumat (29/5/2020).

Menurutnya, kunjungan Mabes Polri untuk melaksanakan supervisi di Jatim, guna mengetahui kebutuhan dalam penanganan Covid-19 sehingga curva Pandemi pada zona merah bisa menjadi turun.

"Sesuai laporan pak Bupati Malang, bahwa pasien-pasien yang terdampak Covid-19 bisa sembuh dan itu sebuah nilai positif," katanya.

Virus Corona ini katanya, tidak bisa hilang meskipun nantinya ditemukan vaksin, maka yang harus dilaksanakan yaitu menyesuaikan pola hidup yang baru untuk antisipasi penyebaran virus corona untuk melaksanakan penyesuaian.

Kunjungan-rombongan-Mabes-Polri-ke-Kampung-Tangguh-3.jpg

"Dengan binaan semua pihak (TNI/Polri dan Pemda), kampung tangguh ini akan jadi embrio ketahanan masyarakat, baik bidang kesehatan, keamanan dan bidang lainnya," katanya.

"Terima kepada Bupati Malang, agar binaan Kampung Tangguh jangan berhenti dalam penanganan Covid-19 namun bisa diagendakan untuk ketahanan lainnya," katanya.

Sementar itu, menurut Bupati Malang, HM Sanusi, bahwa Kampung Tangguh dibentuk guna menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang Protokol Kesehatan dalam mencegah dan mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Dengan adanya Kampung Tangguh, diaktifkan Poskamling atas binaan Polri dan TNI, sehingga memberikan manfaat selain berfungsi cegah atau screening masuk pendatang yang dumungkinkan bahwa virus juga sebagai antisipasi tindak kriminalitas," jelasnya.

Pemkab Malang katanya, sudah mencanangkan Kampung Tangguh di seluruh desa atau kel se Kabupaten Malang dan sudah dilaksanakan pembinaan terhadap Muspika terkait pengembangan Kampung Tangguh.

"Kampung Tangguh merupakan role mode guna bangun kesadaran masyarakat dalam menangani covid-19 serta dapat tumbuhkan rasa gotong royong atau saling bantu antar sesama," jelasnya.

HM Sanusi menyampaikan terima kasih atas kunjungan Kabaharkam Polri dan rombongan di Desa Sitirejo Kecamatan Wagir, serta mohon arahan bagi pengembangan serta perbaikan-perbaikan Kampung Tangguh di Kabupaten Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES