Ekonomi

Inspektorat Kabupaten Magetan Nyatakan Sudah Periksa Laporan Dana Desa Gonggang

Jumat, 29 Mei 2020 - 21:04 | 124.00k
Kepala Inspektorat Magetan, Mei Sugiartini saat ditemui TIMES Indonesia. (FOTO: M Kilat Adinugroho/TIMES Indonesia)
Kepala Inspektorat Magetan, Mei Sugiartini saat ditemui TIMES Indonesia. (FOTO: M Kilat Adinugroho/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAGETANInspektorat Kabupaten Magetan, Jawa Timur menyatakan sudah melakukan pemeriksaan terhadap seluruh laporan administrasi pertanggungjawaban dana desa (DD) yang ada di wilayah Desa Gonggang, Kecamatan Poncol pada tahun 2018-2019.

Hal itu menyusul permalahan yang terjadi di Dusun Kopen, Desa Gonggang, Kecamatan Poncol, belakangan ini. "Ada 207 desa, semuanya sudah kita periksa. Khusus untuk Gonggang ini Juli 2019 semua proyek di sana sudah kita pantau," ujar Kepala Inspektorat Magetan, Mei Sugiartini, (29/5/2020).

Menurut Mei, polemik yang terjadi di desa tersebut hanya karena kesalah pahaman antara warga dengan oknum pemerintah desa. Yakni, terkait pengerjaaan proyek Padat Karya Tunai (PKT) berupa pembangunan bronjong pada 2018.

"Kita akan mapping permasalahannya. Pada saat itu proyek tersebut dikoordinir oleh Kamituwo. Sebelumnya pada Rabu (20/5/2020), kedua belah pihak juga sudah kita mediasi tapi masih belum ada titik temu," jelasnya.

Meski mengaku telah melakukan monitoring dan evaluasi terhadap seluruh laporan pertanggungjawaban dana desa (DD), namun hingga kini pihak Inspektorat Magetan belum mengetahui berapa jumlah anggaran yang dikeluarkan untuk pengerjaan proyek bronjong yang selesai dikerjakan pada Desember 2018 itu.

"Kita belum bisa menyatakan berapa karena ada banyak versi," terang Mei.

Sebelumnya, warga Dukuh Kopen, Desa Gonggang juga telah melaporkan masalah tersebut ke pihak berwajib pada 2019. Dalam hal ini, warga berharap pemerintah desa setempat segera membayarkan upah kerja atas pengerjaan proyek pembangunan bronjong tahun 2018. Namun, setelah itu dilimpahkan kembali keInspektorat Kabupaten Magetan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Magetan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES