Peristiwa Daerah

Pemkab Lamongan Mengggelar Khotmil Qur'an Serentak

Jumat, 29 Mei 2020 - 18:38 | 22.45k
Kegiatan Khotmil Quran yang berlangsung di Pendopo Lokatantra Lamongan dan dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Lamongan, Jumat (29/5/2020). (FOTO: Humas Pemkab Lamongan for TIMES Indonesia)
Kegiatan Khotmil Quran yang berlangsung di Pendopo Lokatantra Lamongan dan dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Lamongan, Jumat (29/5/2020). (FOTO: Humas Pemkab Lamongan for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Segala upaya ditempuh oleh Pemkab Lamongan untuk meredam pandemi Covid-19 dan menuju tatanan kehidupan normal baru atau "New Normal". Selain dengan menerapkan protokol kesehatan, upaya juga ditempuh melalui jalur spiritual dengan menyelenggarakan Khotmil Qur'an atau khatam Alquran.

Kegiatan Khotmil Quran tersebut disiarkan secara live streaming melalui You Tube dari Pendopo Lokatantra Lamongan dan juga diikuti secara serentak oleh masjid, mushala di seluruh kecamatan di Kabupaten Lamongan, melalui media daring zoom meeting, Jum'at (29/5/2020). 

Khotmil Quran serentak tersebut dibuka dengan pembacaan Ummul Qur'an Surat Al Fatihah oleh Bupati Lamongan, Fadeli dan ditutup dengan doa Khotmil Qur'an oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lamongan, KH Abdul Aziz Choiri dan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Lamongan, KH Abdus Salam.

Dalam kesempatan tersebut, Fadeli menuturkan bahwa kegiatan Khotmil Quran diharapkan dapat menjadi peredam bencana Covid-19 yang saat ini sedang melanda dunia, sekaligus sebagai doa untuk mengawali tatanan kehidupan normal baru yang produktif dan aman dari Covid-19. 

"Semoga dengan Khotmil Quran ini baik yang membaca, menghafal maupun menyimak, dapat menjadi doa yang mustajabah untuk menyingkirkan pandemi Covid-19," kata Bupati Lamongan, Fadeli saat membuka kegiatan tersebut.

Fadeli juga berharap, Khotmil Quran mampu menjadi penyemangat dari kerja keras yang sudah, sedang dan akan dilakukan dalam penanganan Covid-19 dan menuju kehidupan normal baru.

"Perjuangan masyarakat masih belum selesai sampai di sini. Jumlah Masyarakat yang terpapar masih cukup tinggi. Kasus positif Covid-19 di Indonesia masih terus bertambah, khususnya Lamongan yang hingga saat ini mencapai kasus 89 orang positif terinfeksi. Pemerintah tengah mempersiapkan dan merumuskan tatanan kehidupan normal baru. Masyarakat secara bertahap akan diajak untuk beradaptasi dan hidup berdampingan dengan Covid-19 dengan konsisten dan disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam kesehariannya," ujarnya.

Lebih lanjut Fadeli mengatakan, masyarakat Lamongan juga sangat antusias mengikuti Khotmil Qur'an tersebut. Hal itu terlihat dari terpenuhinya kuota 100 peserta zoom pada room meeting serta channel YouTube live streaming yang ramai pengunjung. "Hal ini menandakan antusiasme serta semangat luar biasa masyarakat Lamongan untuk segera terlepas dari wabah Covid-19. Semoga Covid-19 segera berlalu, kita semua bisa beradaptasi dengan kehidupan normal baru (New Normal) yang produktif dan aman, serta perekonomian dan semua kegiatan masyarakat dapat normal kembali," ucap Fadeli. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Adhitya Hendra
Sumber : TIMES Lamongan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES