Peristiwa Nasional

Tes Swab Massal di Cirebon Terkendala Kurangnya VTM

Jumat, 29 Mei 2020 - 17:12 | 19.51k
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni. (FOTO: Devteo MP/TIMES Indonesia)
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni. (FOTO: Devteo MP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Jawa Barat menyatakan Virus Transport Media (VTM) yang diperlukan untuk tes swab massal saat ini menyisakan sebanyak 400 buah. Dari jumlah tersebut Dinkes masih kekurangan untuk bisa memenuhi target pelaksanaan swab tes massal.

"VTM kita masih kurang kalau dari jumlah target yang akan kita lakukan tes swab massal," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Enny Suhaeni, Jum'at (29/5/2020).

Enny mengatakan, jika jumlah VTM hanya menyisakan 400 buah, sehingga harus dimanfaatkan secara efektif efisien terhadap sasaran tes swab massal.

"Dari jumlah segitu kita harus bisa tentukan prioritas sasaran agar efektif dan efisien juga tepat sasaran," kata Enny.

Enny menambahkan, dari jumlah itu sebagian kecil sudah dimanfaatkan bagi pemeriksaan di pasar tradisional yang tersebar di wilayah Kabupaten Cirebon terutama pasar milik Pemkab.

"Kemarin aja kita sudah lakukan swab massal di 10 pasar tradisional dimana dari masing-masing pasar ada 50 pedagang pasar yang kita lakukan swab," ujarnya. Selama ini yang sudah dilakukan tes swab massal sebanyak 832 orang termasuk di 9 pasar di Kabupaten Cirebon. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Cirebon

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES