Pemerintahan

Gandeng 4 Universitas, Kementerian PUPR RI Rancang Program S2 'Super Spesialis'

Jumat, 29 Mei 2020 - 16:31 | 20.00k
Subscribe TIMES TV KLIK

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Untuk meningkatkan kompetensi SDM bidang konstruksi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI (Kementerian PUPR RI) bersama Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Institut Sepuluh Nopember dan Universitas Diponegoro menyiapkan program spesialis strata dua (program S2) dengan materi keahlian khusus.

“Bukan engineering master, itu general. Program yang didesain Kementerian PUPR bersama 4 universitas tadi adalah super spesialis yang akan diakui sebagai Master (S2) oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Misalnya di Undip, Master of Reservoir Operation. Kita sudah banyak memiliki bendungan yang dibangun, tapi pola operasinya belum dilakukan berdasarkan prinsip keilmuan. Nanti kita bekali anak muda dengan ilmu untuk pengoperasiannya,” ucap Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat Halal Bihalal bersama Direksi BUMN Karya melalui video conference, Rabu (27/5/2020).

Menteri Basuki mengatakan program super spesialis dilakukan selama 18 bulan di mana 1 semester dilakukan di kelas dan 2 semester di lapangan dengan mentor. Program ini didesain untuk 1 kelas yang terdiri dari maksimal 10 mahasiswa berdasarkan penugasan dari institusinya.

Selain dari Kementerian PUPR RI, Menteri Basuki juga meminta agar BUMN Karya mengirimkan stafnya untuk menjadi mahasiswa program ini.

“Melalui program ini mudah-mudahan akan memberikan dampak pada peningkatan kualitas industri konstruksi kita yang lebih baik,” kata Menteri Basuki.

Di samping membahas pengembangan SDM konstruksi, pada acara Halal Bihalal ini Menteri Basuki juga mengapresiasi kerja sama yang telah terjalin antara Kementerian PUPR dengan BUMN Karya selama ini.

Utamanya saat menghadapi bencana yang terjadi di awal tahun 2020 seperti banjir dan tanah longsor. Menteri Basuki berharap di kondisi sulit saat ini, kerja sama dapat terus berjalan dengan baik.

Menteri Basuki mengatakan, pada Sidang Kabinet Presiden Joko Widodo mengingatkan walaupun saat ini kementerian dan lembaga sedang fokus menangani Pandemi COVID-19, tetapi jangan lupa dengan tugas-tugas besar lain di kementerian dan lembaga masing-masing. Presiden Joko Widodo mencontohkan Kementerian PUPR untuk tetap membangun infrastruktur jalan tol, jalan nasional, irigasi dan lain sebagainya.

Halal Bihalal antara Menteri PUPR RI bersama Direksi BUMN Karya diikuti oleh Direksi dari 9 BUMN Konstruksi dan Direksi dari 5 Konsultan Karya.

Turut mendampingi Menteri Basuki, Wamen PUPR Jhon Wempi Wetipo, Sekjen PUPR Anita Firmanti, Inspektur Jenderal Kementerian PUPR RI Widiarto, Dirjen Sumber Daya Air Jarot Widyoko, Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian, Dirjen Cipta Karya Danis Sumadilaga, Dirjen Perumahan Khalawi AH, Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Eko Djoeli Heripoerwanto, Dirjen Bina Konstruksi Trisasongko Widianto, Kepala BPIW Hadi Sucahyono, Kepala BPSDM Sugiyartanto dan Kepala BPJT Danang Parikesit. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES