Peristiwa Daerah

Ponorogo Susun Konsep Uji Coba New Normal

Jumat, 29 Mei 2020 - 16:27 | 63.90k
Mal Ponorogo City Center siap menerapkan protokol new normal. (foto: Marhaban/TIMES Indonesia)
Mal Ponorogo City Center siap menerapkan protokol new normal. (foto: Marhaban/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGOPemkab Ponorogo, Jawa Timur bersiap diri menuju penerapan protokol new normal atau normal baru yang dicanangkan pemerintah pusat.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni, mengatakan penerapan new normal akan  dilakukan melalui  kajian yang matang untuk menghindari kebingungan masyarakat "Kajian tersebut  akan mempertimbangkan seluruh aspek kehidupan masyarakat," ucapnya, Jumat (29/5/2020).

New normal akan diterapkan di Ponorogo tanggal 2 Juni 2020, namun akan dilakukan penyusunan konsep serta sosialisasi dulu secara masif di seluruh wilayah Ponorogo.

"Sosialisasi tersebut akan melibatkan berbagai komponen masyarakat termasuk ulama dan tokoh masyarakat," sebut bupati.

Salah satu aspek yang diukur untuk dapat menerapkan aktivitas sosial ekonomi pada era kenormalan baru (new normal) adalah surveilans kesehatan masyarkat.

Salah satu indikator  yang menunjukkan baiknya surveilans kesehatan masyarakat   yakni jumlah pemeriksaan spesimen Covid-19 yang meningkat dengan diikuti dengan berkurangnya kasus positif Covid-19.

"Sekarang pilih mana, hidup terkurung atau hidup secara normal tetapi dengan syarat-syarat dan kebiasaan yang harus kita ubah sesuai protokol kesehatan, mulai dari cuci tangan, pakai masker, dan jaga jarak," jelas Ipong.

Hari Selasa (2/6/2020) akan dilakukan uji coba new normal di beberapa  wilayah di Ponorogo. Untuk perkantoran akan diterapkan di Dinas Perizinan, Disdukcapil, dan kantor kecamatan Ponorogo. Kemudian uji coba new normal  juga diterapkan  jalan Soekarno Hatta, jalan HOS Cokroaminoto, jalan Gajah Mada, jalan Jendral Sudirman, dan jalan Suromenggolo.

Begitu pula di pertokoan atau pusat perbelanjaan termasuk Ponorogo City Center (PCC), Ponorogo Permai dan  tempat wisata telaga Ngebel juga akan dilakukan uji coba new normal.

Sementara ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Ponorogo, Agus Pramono, mengaku sudah mengumpulkan semua kepala  SKPD dan seluruh camat Ponorogo untuk melakukan  persiapan Ponorogo menuju new normal.

Menurut Agus Pramono, "Pemerintah harus bisa memberikan pedoman untuk mempersiapkan Ponorogo new normal, untuk itu semua kepala SKPD agar melakukan  langkah-langkah sebagai persiapan ketika new normal nanti diberlakukan," ujarnya.

Agus menambahkan, pada prinsipnya Ponorogo siap untuk menuju new normal dalam masa pandemi Covid-19.  

General Manager Ponorogo City Center, Eric Pramono, menyambut gembira dengan akan diberlakukannya new normal  di Ponorogo, namun demikian pihaknya juga akan menerapkan protokol kesehatan.  "Sebenarnya kami sejak awal sudah menerapkan protokol kesehatan di area mall PCC, seperti tempat cuci tangan sudah disediakan dan masuk mall harus bermasker," ucap Eric. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Ponorogo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES