Indonesia Positif

Jurnal Ilmiah UWG Malang Terkareditasi oleh Kemenristek

Jumat, 29 Mei 2020 - 13:23 | 107.68k
Prof. Dr. Ir. Iwan Nugroho, MS, Chief Editor JSeD.
Prof. Dr. Ir. Iwan Nugroho, MS, Chief Editor JSeD.

TIMESINDONESIA, MALANG – Jurnal Ilmiah Journal of Socio-economic Development (JSeD) dari UWG Malang resmi terakreditasi sebagai jurnal ilmiah Periode I tahun 2020.

Informasi ini dikeluarkan oleh Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek/BRIN, Heri Hermansjah pada 3 April 2020.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Ristek/BRIN) nomer 85/M/KPT/2020 tertanggal 1 April 2020 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode I Tahun 2020 yang ditandatangani oleh Bambang S Brodjonegoro, JSeD tersebut dalam lampiran berjumlah 67 hal tersebut. 

Di lampiran halaman 16, nama jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Badan Penerbit Universitas Widyagama Malang tersebut, berada pada urutan ke 62 peringkat SINTA 3. Bersama dengan JSeD terdapat 122 jurnal ilmiah lain pada peringkat tersebut. 

Di area Malang Raya, salah satu jurnal ilmiah Fakultas Pertanian Kampus Inovasi Universitas Widyagama Malang ini berdampingan dengan jurnal ilmiah dari UB, UIN dan UM pada peringkat tersebut. 

“Ini adalah usulan baru mulai volume I nomer 1 tahun 2018, dan sudah 4 edisi yang diterbitkan,” jelas Prof. Dr. Ir. Iwan Nugroho, MS, Chief Editor JSeD.

Periode I tahun 2020 ini hanya JSeD yang mengusulkan akreditasi. Prestasi JSeD ini menyusul prestasi sebelumnya yang telah dicapai oleh Agrika, Jointech dan Widya Yuridika, yang sudah lebih dahulu mendapatkan akreditasinya pada SINTA 4 dan SINTA 5.

Atas prestasi ini, mantan Rektor UWG dua periode ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim Jurnal UWG, juga kepada tim redaksi, dewan editor, reviewer, dan para pengirim naskah. 

“Karena kolaborasi harmonis diantara pihak-pihak tersebutlah, maka prestasi ini dapat diraih,” ungkapnya.

Sebagai informasi, RistekBrin mengklasifikasi jurnal ke dalam SINTA 1 sampai SINTA 6.  Pemeringkatan ini berdasarkan jumlah sitasi dan h-indeks dari Google Scholar yang telah dibuat oleh masing-masing jurnal setelah dilakukan verifikasi. 

Peringkat SINTA 3 artinya bahwa jurnal dimaksud sudah melakukan evaluasi diri di Arjuna dan diverifikasi dengan nilai 60-70. Diatas SINTA 3, ada SINTA 1 atau jurnal terakreditasi A atau terindeks di Scopus dan SINTA 2 atau jurnal terakreditasi B.

Periode I tahun 2020, KemenristekBrin telah meloloskan 569 jurnal dengan enam peringkat akreditasi Science and Technology Index (SINTA), masing-masing adalah 7 jurnal pada SINTA 1, 55 jurnal pada SINTA 2, 123 jurnal pada SINTA 3, 164 jurnal pada SINTA 4, 191 jurnal pada SINTA 5 dan 29 jurnal pada SINTA 6.  

Masa akreditasi terhitung sejak tanggal pengumuman hingga lima tahun ke depan. 

Jurnal yang fokus pada bidang sosial dan ekonomi pembangunan di bawah pengelolaan Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian UWG ini merupakan satu-satunya jurnal ilmiah berbahasa Inggris di lingkungan Kampus yang berkantor Pusat di Jl. Borobudur no. 35 Malang. 

Terbit secara berkala dua kali dalam setahun sejak April 2018 hingga saat pengajuan akreditasi setelah terbitan keempat pada Oktober 2019. 

Sejak terbitan edisi kedua tahun 2018, jurnal ilmiah ber-E-ISSN 26156075 ini sudah menerima naskah dari luar negeri, artinya jurnal ilmiah pertama di UWG Malang yang sudah go internasional. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES