Peristiwa Daerah

Kades se Banyuwangi Jalani Rapid Test, Askab Ucapkan Terima Kasih

Jumat, 29 Mei 2020 - 12:45 | 26.60k
Ketua Asosiasi Kepala Desa Kabupaten Banyuwangi (Askab), Anton Sujarwo SE, saat menjalani Rapid Test. (Foto: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)
Ketua Asosiasi Kepala Desa Kabupaten Banyuwangi (Askab), Anton Sujarwo SE, saat menjalani Rapid Test. (Foto: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Melalui sejumlah Puskesmas, Tim Gugus Tugas Covid-19 Banyuwangi, Jawa Timur melakukan Rapid Test kepada seluruh kepala desa. Kebijakan ini disambut baik oleh Asosiasi Kepala Desa Kabupaten Banyuwangi (Askab).

“Alhamdulillah, kemarin dan hari ini, seluruh Kepala Desa (Kades) di Banyuwangi, telah di Rapid Test,” ucap Ketua Askab, Anton Sujarwo SE, Jumat (29/5/2020).

Kepada TIMES Indonesia, pria yang juga Kades Aliyan, Kecamatan Rogojampi, berterima kasih kepada Tim Gugus Tugas Covid-19 Banyuwangi. Terlebih menurutnya, para kades adalah ujung tombak penanganan dampak virus Corona diwilayah masing-masing.

Mulai dari upaya sosialisasi hingga penanganan langsung terhadap warga yang berstatus Orang Dalam Resiko (ODR), Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan pasien positif Covid-19. Termasuk dalam penyaluran sejumlah bantuan terhadap masyarakat terdampak ekonomi Covid-19.

“Kerja keras para Kades sangat rentan, jadi pelaksanaan Rapid Test ini sangat membantu dalam memastikan kondisi mereka,” ungkapnya.

Anton, berharap agar Tim Gugus Tugas Covid-19 Banyuwangi, bisa segera memberi pelatihan terhadap Tim Satgas Covid-19 ditingkat desa. Mengingat sejak arus mudik lebaran lalu, banyak masyarakat Banyuwangi, yang sebelumnya hidup diperantauan pulang ke kampung halaman.

“Apalagi di Banyuwangi, kasus Covid-19 banyak ditangani dengan pola isolasi mandiri dirumah masing-masing, karena itu pelatihan terhadap Satgas Covid-19 ditingkat desa sangat penting untuk dilakukan,” cetus Anton.

Sementara itu, Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Covid-19 Banyuwangi, dr Rio Widjilestariono mengatakan, selain para kades, juga diagendakan untuk pelaksanaan Rapid Test massal untuk para tenaga medis di Banyuwangi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES