Pendidikan

Sakinah Aljufri: Pemerintah jangan Buka Sekolah Dulu!

Jumat, 29 Mei 2020 - 12:38 | 57.92k
Anggota DPR RI Sakinah Aljufri. (Foto: Arsip Sakinah Aljufri for TIMES Indonesia)
Anggota DPR RI Sakinah Aljufri. (Foto: Arsip Sakinah Aljufri for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PALU – Pandemi Covid-19 belum usai, namun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendibud) berencana akan membuka sekolah pada bulan Juli mendatang. Menanggapi hal itu, Sakinah Aljufri Anggota Komisi X DPR RI mengatakan pemerintah harus jelas planning pembukaan sekolah.

“Pandemi Covid-19 belum selesai, jangan buka sekolah dulu!,” kata politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) saat berada di kompleks Al-Khairaat Pusat Palu, Jumat, (29/05/2020).

Menurut Sakinah, saat ini masih diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), namun di sisi lain, pemerintah dengan tergesa-gesa melakukan relaksasai PSBB dan tengah menyiapkan new normal menghadapi pandemi virus Corona (Covid-19).

“Ini kan masih diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kenapa tiba-tiba sekolah-sekolah, mal-mal dan perkantoran akan dibuka secara keseluruhan tanpa melihat dimana zona merah,” ucap Sakinah.

Ia mempertanyakan apakah sekolah dapat menjamin anak-anak yang masih kecil bisa menjaga dirinya selama sehari di kelas dengan tetap menjaga social distancing, memakai masker dengan benar selama sekolah?

Sementara lanjut dia, rencana pembukaan sekolah tentunya harus menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

“Apakah kita sudah siap dengan segala risiko yang akan timbul, terutama para aset bangsa, anak-anak generasi penerus bangsa yang rentan terpapar dan berpotensi menjadi pembawa virus (carrier) Covid-19,” ungkap Sakinah.

Selain kesiapan sekolah, pembukaan sekolah juga kata dia, akan menambah pekerjaan guru. Selain mengajar, guru harus mengontrol dan mengawasi dengan ketat anak didiknya selama belajar di dalam kelas dan memastikan tidak terpapar serta tidak menularkan virus Covid-19 baik di sekolah maupun sesampainya di rumah masing-masing.

“Guru tambah dibebani tugasnya, selain harus mengajar guru dibebani mengawasi dan mengontrol interaksi anak didiknya, ini sangat membebani guru. Jadi pemerintah harus menunda pembukaan sekolah sampai Covid-19 benar-benar selesai,” ucap Sakinah Aljufri Anggota Komisi X DPR RI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Palu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES