Peristiwa Daerah

BMKG Prediksi Hujan Lebat Terjadi Sampai Besok

Jumat, 29 Mei 2020 - 12:31 | 70.34k
Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin mengecek permukiman warga yang terendam banjir. (foto: Kominfo)
Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin mengecek permukiman warga yang terendam banjir. (foto: Kominfo)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofosika (BMKG) memperkirakan, hujan lebat akan terjadi hingga Sabtu (30/5/2020). Di Kota Probolinggo, Jatim, hujan lebat disertai petir dan angin kencang merendam sedikitnya 9 permukiman, Kamis (28/5/2020).

Permukiman yang terendam antara lain berada di Jalan KH Hasan Genggong, Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Kanigaran; Jalan Sunan Kalijogo, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan; Jalan Cokroaminoto; hingga Kampung Dok, Kelurahan/Kecamatan Mayangan. Kedalaman berkisar antara 20-80 centimeter.

Dikutip laman www.bmkg.go.id, wilayah Jawa Timur berpotensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilatan petir. Cuaca itu terjadi sejak Kamis hingga Sabtu (30/5/2020) besok. Selain Jatim, Jawa Tengah, NusaTenggara, Jabodetabek, Acceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat dan Papua, juga mengalami cuaca serupa.

Terkait dengan itu, Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin mengajak masyarakat bersama-sama menormalisasi saluran air atau sungai agar tidak tersumbat. “Tidak ada bangunan sehingga tidak terdampak seperti sekarang ini,” katanya di permukiman warga yang terendam.

“Saya juga meminta dinas terkait memetakan, jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi kondisi ini bisa diantisipasi,” tambahnya, didampingi  Kepala Pelaksana BPBD, Sugito Prasetyo; Kepala DLH Rachma Deta Antariksa; dan Kepala Dinas PUPR dan Perkim, Agus Hartadi.

Sementara itu, kepada masyarakat, Habib Hadi berpesan agar menjaga kebersihan, membuang sampah dengan benar, menjaga lingkungan, dan berpartisipasi saat pemerintah mengajak kerja bakti di daerah masing-masing.

Berdasarkan data BPBD, sedikitnya ada 12 titik di Kota Probolinggo, Jatim, yang rawan tergenang saat hujan lebat turun. Sebagian besar berada di permukiman warga. Sisanya, berupa ruas jalan protokol hingga jalan nasional. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES