Peristiwa Daerah Desa Aman Corona

Kampung Tangguh Semeru, Cara Mandiri Warga Kabupaten Madiun Hadapi Pandemi Covid-19

Jumat, 29 Mei 2020 - 12:04 | 64.32k
Rakor pembentukan Kampung Tangguh Semeru dihadiri Wabup H. Hari Wuryanto dan jajaran TNI/Polri. (Foto: Humas Pemkab Madiun)
Rakor pembentukan Kampung Tangguh Semeru dihadiri Wabup H. Hari Wuryanto dan jajaran TNI/Polri. (Foto: Humas Pemkab Madiun)
FOKUS

Desa Aman Corona

TIMESINDONESIA, MADIUN – Partisipasi masyarakat diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah menghadapi pandemi Covid-19. Di Kabupaten Madiun, Jawa Timur sejumlah desa didorong menjadi  Kampung Tangguh Semeru. Sebuah langkah mewujudkan kemandirian masyarakat menghadapi pandemi.

Inisiasi pembentukan Kampung Tangguh Semeru (Sehat, Aman, Tertib dan Rukun) merupakan hasil kolaborasi TNI, Polri bersama Pemkab Madiun. Harapannya, masyarakat mampu berswadaya dan tidak selalu bergantung pada pemerintah.

"Permasalahan di lingkungan masyarakat utamanya terkait dengan penanganan Covid-19 bisa ditangani oleh desa masing-masing," jelas Kompol Suhono Wakapolres Madiun.

Rakor-pembentukan-Kampung-Tangguh-Semeru-b.jpg

Diungkapkan, ada dua desa yang akan dijadikan pilot project Kampung Tangguh Semeru di Kabupaten Madiun.  Yakni Desa Jogodayuh, Kecamatan Geger dan Desa Sidorejo Kecamatan Kebonsari.

Ada sejumlah komponen kegiatan terkait penanganan pandemi Covid-19 yang akan dilakukan. Di antaranya pencegahan berupa pendataan dan pemantauan akses keluar masuk warga serta penerapan protokol kesehatan.

Untuk penanganan, tersedia pos kesehatan dan ruang isolasi beserta peralatan yang memadai dan dibentuk tim pemakaman jenazah. Selain itu perlu disediakan lumbung logistik untuk antisipasi kesulitan pangan. 

"Juga harus ada lumbung informasi agar semua masyarakat bisa ikut memonitor," tambah Letkol CZI Nur Alam Sucipto Komandan Kodim 0803/Madiun.

Wakil Bupati Madiun H. Hari Wuryanto berharap semua desa di wilayah Kabupaten Madiun menjadi Kampung Tangguh Semeru. Sehingga pandemi Covid-19 tertangani lebih maksimal dan menyeluruh.

"Budaya gotong-royong perlu kita perkuat. Tanpa dukungan masyatakat, pemerintah pun tidak bisa berbuat banyak menghadapi Covid-19," tegas Wabup Madiun.

Rapat koordinasi (rakor) pembentukan Kampung Tangguh Semeru di Kabupaten Madiun telah dilakukan pada Kamis (28/5/2020) di Graha Eka Kapti. Rakor dihadiri Wabup Madiun H. Hari Wuryanto, Kapolres Madiun  AKBP Eddwi Kurnianto, Dandim Letkol CZI Nur Alam Sucipto Komandan Kodim 0803/Madiun beserta jajaran. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Madiun

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES