Peristiwa Daerah

Hadapi New Normal, Bapparda Siapkan SOP Protokol Kesehatan 

Jumat, 29 Mei 2020 - 11:49 | 50.83k
Ketua Bapparda Kabupaten Blitar, Akhsin Alfata. (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia) 
Ketua Bapparda Kabupaten Blitar, Akhsin Alfata. (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia) 

TIMESINDONESIA, BLITAR – Badan Promosi Pariwisata Daerah (Bapparda) Pemkab Blitar saat ini tengah mempersiapkan SOP protokol kesehatan di sektor pariwisata dalam menghadapi new Normal atau normal baru. Persiapan itu melibatkan destinasi pariwisata, hotel, travel dan lain lain. 

Ketua Bapparda Kabupaten Blitar, Akhsin Alfata mengutarakan, pihaknya tetap menunggu regulasi dari pemerintah tetapi sekaligus akan juga mendorong agar nanti terbit surat keputusan bersama dari  pemerintah bahwa new normal bisa diterapkan di Blitar.

"New normal ini kan sebenarnya akan dimulai pada 1 Juni besok cuman untuk spesifik yang terkait dengan sektor pariwisata kita harus mempersiapkan diri," katanya, Jumat (29/5/2020).

Persiapan itu, menurut Akhsin, untuk memastikan bahwa dunia pariwisata di kabupaten Blitar tidak terlambat manakala sudah ada regulasi yang mengatur pariwisata boleh kembali dibuka.

Akhsin menjelaskan, pada saat penerapan New Normal nanti, dunia wisata memiliki kepentingan untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat terkait dengan budaya hidup sehat dan bersih.

"Kalau masyarakat terus dipaksa di rumah maka yang terjadi adalah upaya budaya membangun budaya hidup bersih dan sehat ini tidak akan maksimal. Tapi kalau kita buka sesuai dengan protokoler kesehatan ini otomatis roda ekonomi dan pertumbuhan ekonomi akan berputar kembali dan juga akan sangat penting sekali bagi upaya recovery di Blitar," jelasnya. 

Menurut Akhsin, pariwisata saat ini tidak lagi menjadi kebutuhan tersier. Pariwisata sudah menjadi kebutuhan sekunder dan primer. artinya, dikatakannya, setiap lapisan masyarakat sudah mengalokasikan waktu dan juga anggaran pribadi mereka itu untuk berwisata.

 "Yang terjadi di masyarakat itu wisata sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari hari ini sudah terjadi sebelum ada covid 19," tambahnya. 

Akhsin meyakini bahwa di tengah Pandemi Covid 19, masyarakat masih menyimpan anggaran mereka untuk berwisata. Oleh karena itu, ia katakan, dunia pariwisata harus mempersiapkan diri menyambut masyarakat ketika wisata dibuka kembali pada new normal nanti.

"Kalau kita biarkan terlambat mempersiapkan, yang terjadi ini akan semakin mengerus anggaran yang seharusnya mereka gunakan untuk kebutuhan berwisata akan tergerus untuk kebutuhan primer," urai Ketua Bapparda Kabupaten Blitar, Akhsin Alfata.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Blitar

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES