Peristiwa Daerah

Atasi Dampak Covid-19, Warga Yogyakarta Gelar Aksi 'Ngluwihi Lan Mbagehi'

Jumat, 29 Mei 2020 - 11:18 | 132.07k
Warga Kota Yogyakarta gelar aksi “Ngluwihi lan Mbagehi”. (FOTO: Pemkot Yogyakarta for TIMES Indonesia)
Warga Kota Yogyakarta gelar aksi “Ngluwihi lan Mbagehi”. (FOTO: Pemkot Yogyakarta for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Selama pandemi Covid-19 ini, warga Kota Yogyakarta kembali menunjukkan kebersamaan dan saling peduli untuk membantu satu sama lainnya. Program aksi gerakan dari warga Yogyakarta bertajuk 'Ngluwihi lan Mbagehi' yang saat ini sudah dijalankan oleh kelompok Gandeng Gendong.

Aksi Kelompok Gandeng Gendong ini dilakukan di Kampung Tahunan RW 09, Semaki Umbulharjo dan RW 03 Cokrodiningratan, Jetis.

Karena Covid-19 maka pesanan banyak berkurang dan beralih kepada penyediaan makanan, di mana ibu-ibu yang memesan memberi uang lebih banyak atau ngluwihi sehingga bisa memasak lebih banyak dan kemudian dibagikan.

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan aksi tersebut dapat mengurangi beban masyarakat kota Yogyakarta. Ini adalah aksi yang juga dilakukan di beberapa kampung lainnya dengan bentuk yang berbeda-beda.

"Ada yang berbagi hasil kampung sayur dan yang dibagikan adalah panenan dari kampung sayur dan lele serta ada yang berbagi dalam bentuk barang sembako," kata Heroe dalam siaran pers kepada TIMES Indonesia, Jumat (29/5/2020).

Heroe menyebut, pola berbagi dengan sebutan 'Ngluwihi lan Mbagehi' ini pada dasarnya adalah bentuk kepedulian ibu-ibu yang memesan masakan untuk berbagi. Ibu Gandeng Gendong yang memasak dan peduli dengan mereka yang membutuhkan ikut membagikan hasil masakannya.

"Di Cokrodiningratan juga bisa mbagehi untuk 75 porsi setiap harinya, sasarannya adalah keluarga yang membutuhkan utamanya yang terkena PHK," jelasnya.

Dengan partisipasi dan kepedulian masyarakat seperti 'Ngluwihi lan Mbagehi' inilah, Heroe mengharapkan, semua warga Kota Yogyakarta bisa mengatasi masalah pandemi Covid-19 dan permasalahan sosial ekonominya secara bersama-sama. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES