Indonesia Positif

Supangkat: Semakin Banyak Orang Ikut Program JKN-KIS Semakin Baik

Kamis, 28 Mei 2020 - 21:19 | 41.02k
Supangkat, peserta Program JKN-KIS yang berharap program tersebut dapat menjangkau semua lapisan masyarakat. (Foto: Anggun LS)
Supangkat, peserta Program JKN-KIS yang berharap program tersebut dapat menjangkau semua lapisan masyarakat. (Foto: Anggun LS)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Di usia yang saat ini mencapai lebih dari 60 tahun, Supangkat merasa semakin membutuhkan pelayanan kesehatan yang baik. Pria yang berlatar belakang pelaut tersebut menemukan solusinya dalam Program JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat). 

Saat dihubungi Kamis (28/5/2020), Supangkat mengatakan bahwa program yang dijalankan oleh BPJS Kesehatan tersebut merupakan jalan keluar dari permasalahan biaya kesehatan yang semakin meningkat.

"Biaya kesehatan kan tidak murah kalau kita rogoh kocek sendiri, padahal kesehatan itu adalah kebutuhan primer setiap orang. Sama seperti makanan, kita juga butuh sehat," kata Supangkat tegas.

Lebih lanjut, dia menerangkan bahwa kebutuhan akan kesehatan tidak bisa ditunda apalagi dihentikan.

"Secara naluri, manusia itu nggak ada yang mau sakit. Jika sakit, naluri manusia itu akan berupaya untuk sembuh atau sehat lagi. Kadang masalahnya terbentur pada biaya sehingga orang itu tidak sembuh-sembuh," terangnya.

Karena itu, dengan hadirnya Program JKN-KIS, masyarakat memperoleh jawaban atau solusi dari persoalan biaya kesehatan tersebut.

"Mungkin bagi masyarakat yang kaya biaya kesehatan tidak jadi soal, tapi bagi masyarakat menengah ke bawah biaya kesehatan masih tanda tanya kan. Mau bayar sendiri nggak mampu, mau ikut asuransi komersial  juga nggak kuat dengan preminya," tuturnya.

"Nah Program JKN ini solusinya. Bisa bayar premi sendiri dengan premi terjangkau  bisa memilih dibiayai oleh pemerintah bagi yang tidak mampu atau juga ikut kantor tempat bekerja atau bisa juga mendaftar secara mandiri sesuai kemampuannya," sambungnya.

Supangkat juga menuturkan bahwa program ini juga perlu didukung seluruh masyarakat dengan cara membayar iuran secara rutin.

"Karena uang yang terkumpul dari seluruh iuran itu dikelola untuk biaya kesehatan peserta. Jadi jangan merasa rugi meski sudah mendaftar tapi tidak pernah atau belum pernah memanfaatkan." ujarnya lagi.

Supangkat berharap, target pemerintah untuk bisa mengikutkan seluruh warga negara Indonesia ke dalam Program JKN-KIS segera tercapai.

"Semakin banyak yang ikut Program JKN-KIS semakin baik untuk kita dan masyarakat semuanya dapat menikmati pelayanan kesehatan yang terjangkau namun manfaat yang didapat sangat luas," imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES