Peristiwa Nasional

Perumahan Marina Bentuk Posko Kampung Tangguh Covid-19

Kamis, 28 Mei 2020 - 20:53 | 51.75k
Posko Kampung Tangguh Cegah Covid-19 di Perumahan Bumi Marina Emas, Keputih, Sukolilo, Surabaya, Kamis (28/5/2020). (Foto: Dokumentasi warga)
Posko Kampung Tangguh Cegah Covid-19 di Perumahan Bumi Marina Emas, Keputih, Sukolilo, Surabaya, Kamis (28/5/2020). (Foto: Dokumentasi warga)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona, Warga perumahan Bumi Marina Emas, Kelurahan Keputih, Kecamatan Sukolilo, Surabaya, secara swadaya membentuk posko ‘Kampung Tangguh Cegah Covid-19’. Hal ini mengingat Kecamatan Sukolilo termasuk dalam zona merah.

Secara bergantian warga berjaga di posko untuk mengawasi keluar masuknya orang, terutama ojek online ke lingkungan perumahan.

"Setiap orang yang masuk perumahan wajib lapor ke petugas posko,” Kata Herman Wahyudi, salah seorang penjaga posko, Kamis (28/5/2020).

Prosedur yang diberlakukan di posko adalah semua orang yang akan masuk perumahan harus lapor ke posko. Kemudian disemprot dengan disinfektan dan cuci tangan pakai sabun yang telah disiapkan di posko. Serta diperiksa suhu badan dengan Thermo Gun. Secara berkala lingkungan perumahan juga disemprot disinfektan bantuan dari kelurahan.

Menurut Abah Herman, keberadaan Posko tidak pernah sepi. Banyak warga yang ikut jaga. Bahkan keberadaan posko sudah ditinjau oleh Kapolsek dan Danramil Sukolilo. Mereka memuji akan kemandirian warga untuk menjaga lingkungannya.

Mereka mengingatkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Seperti memakai masker, jaga jarak duduk dan cuci tangan pakai sabun atau menggunakan hand sanitizer.

Selain itu, petugas posko diharapkan mendata apabila ada warga yang datang dari luar wilayahnya atau ada pemudik yang datang ke wilayah perumahan. Kemudian datanya diserahkan ke Kantor Kelurahan.

"Petugas posko diharapkan cepat memberikan informasi kepada kelurahan terkait perkembangan kondisi warganya yang berhubungan dengan penyebaran Covid-19 agar cepat mendapatkan pelayanan medis," ujarnya di posko Kampung Tangguh Perumahan Bumi Marina Emas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Adhitya Hendra
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES