Peristiwa Nasional Bencana Nasional Covid-19

Rapid Test 11 Kepala OPD Pemkab Kendal Hasilnya Reaktif

Kamis, 28 Mei 2020 - 20:08 | 48.14k
Rapid Test kepada Kepala OPD di Kendal yang dilakukan tim Gugus Tugas Covid-19 di Pendopo Kendal paska lebaran lalu. (foto: Pemkab Kendal for TIMES Indonesia)
Rapid Test kepada Kepala OPD di Kendal yang dilakukan tim Gugus Tugas Covid-19 di Pendopo Kendal paska lebaran lalu. (foto: Pemkab Kendal for TIMES Indonesia)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, KENDAL – Mengagetkan, hasil Rapid Test yang dilakukan Pemkab Kendal kepada Kepala Organisasi Perangkat Daerah (Kepala OPD) ternyata ada yang reaktif. Dari informasi ada 11 dari 55 Kepala OPD dinyatakan reaktif.

Saat ini, 11 orang tersebut diisolasi di Wisma Atlet di Stadion Baru Kendal. 11 Kepala OPD yang reaktif tersebut langsung dilanjutkan dengan tes usap tenggorokan atau swab test.

“Saat ini kami sedang menunggu hasil swab test. kemungkinan keluar hasilnya 3-4 hari lagi, kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kendal, Mohammad Toha, Kamis (28/9/2020).

Perihal siapa 11 Nama dan bertugas di OPD mana saja, Sekda enggan menyebutnya. Sebab mereka yang dinyatakan reaktif belum tentu positif Covid-19. Sebab rapid test merupakan penyaringan awal saja untuk mengetahui kondisi tubuh. Apakah ada produksi imun dalam jumlah banyak atau tidak.

Rapid-Test-b.jpg

Namun, untuk mendiagnosis seseorang terinfeksi Covid-19 atau tidak, hasil pemeriksaan swab dengan Polymerase Chain Reaction (PCR) lah yang digunakan. “Jadi hasilnya masih menunggu swab test yang hasilnya keluar 3-4 hari lagi,” tandasnya.

11 Kepala OPD tersebut sedianya akan dirawat dan diisolasi di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) yang berada di Rusunawa Kebondalem. Tapi karena kondisinya sudah penuh, maka terpaksa diisolasi di Wisma Atlet yang sementara waktu ini tidak digunakan.

“Di RSDC Kendal sendiri saat ini tengah merawat 36 pasien. Mereka merupakan hasil dari Rapid Test yang dilakukan Tim Gugus Tugas Covid-19 jelang lebaran lalu. Enam diantaranya sudah pulang karena hasil swab test negatif,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendal, Ferinando Rad Bonay mengatakan rapid test diadakan karena Kepala OPD sangat rentan mengingat aktivitasnya banyak berhubungan dengan masyarakat. Jjadi harus dipastikan kondisinya sehat.

Adapun 55 Kepala OPD di lingkungan Pemkab Kendal yang menjalani rapid test adalah Kepala Dinas, Kantor dan Badan hingga 20 camat  di Kendal. “Kepala Dinas hingga camat menurutnya banyak berhubungan dengan masyarakat. Sebab mereka OPD pelayanan masyarakat sehingga harus dipastikan kondisi sehat. “Kami diperintahkan oleh Bupati untuk melaksanakan rapid test," kata Ferinando. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES