Peristiwa Nasional

IGGI Minta Pemerintah Pedulikan Pondok Pesantren Saat Penerapan New Normal

Kamis, 28 Mei 2020 - 19:48 | 54.76k
Ketua IGGI Gus Fahrur saat bersama Gubernur Jawa Timur pada suatu kesempatan. (Foto : Dok TIMES Indonesia)
Ketua IGGI Gus Fahrur saat bersama Gubernur Jawa Timur pada suatu kesempatan. (Foto : Dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ikatan Gus-Gus Indonesia atau IGGI meminta pemerintah juga memperdulikan pondok pesantren apabila nantinya ditetapkan tatanan baru pada fase new normal.

Ketua IGGI, Dr KH Ahmad Fahrur Rozi mengatakan, pihaknya mendukung pernyataan Gus Yakut Ketum Gerakan Pemuda (GP) Ansor agar meminta pemerintah untuk tidak gegabah dalam menerapkan kebijakan new normal.

"Kami minta kepada pemerintah agar tidak hanya menekankan dan memperhatikan satu sektor saja seperti upaya ketahanan ekonomi, tetapi juga memikirkan dampaknya di bidang pendidikan. Khususnya pada kelangsungan pendidikan pondok pesantren dan kegiatan keagamaan," ujarnya kepada TIMES Indonesia, Kamis (28/5/2020).

Gus Fahrur sapaan akrabnya mengatakan, pondok pesantren merupakan pendidikan tradisional khas Indonesia yang telah berusia ratusan tahun dengan jutaan santri dari seluruh daerah di Indonesia.

Wakil Ketua PWNU Jatim ini melanjutkan, kiranya pondok pesantren perlu mendapatkan perhatian khusus pemerintah agar dapat segera dibuka kembali dengan standar kesehatan era new normal.

"Kami meminta kepada pemerintah hendaknya memberikan fasilitas rapid tes  Gratis dan tenaga medis untuk membantu mengecek kesehatan semua santri yang akan kembali ke pesantren," tuturnya.

Selain itu kata Gus Fahrur, pemerintah hendaknya menyiapkan pengadaan masker dalam jumlah cukup besar, agar menjadi mudah dan murah. Tujuannya supaya mencukupi kebutuhan semua santri.

"Selain itu, diperlukan Pengadaan  hand sanitizer dan sabun Cuci tangan di semua tempat keramaian termasuk di pesantren atas subsidi pemerintah dalam rangka pencegahan penularan Covid-19," urainya.

Yang terakhir, IGGI berharap pemerintah memasukkan pondok pesantren dalam agenda tata laksana new normal yang dipersiapkan untuk masyarakat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Adhitya Hendra
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES